PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIDATO DENGAN METODE PEMODELAN PADA SISWA KELAS XI SMA PANCASILA PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Edo Bramantio

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan langkah-langkah dalam pening­katan kemampuan berpidato pada siswa kelas XI SMA Pancasila Purworejo, mendeskripsikan aktivitas dan sikap siswa kelas XI SMA Pancasila Purworejo terhadap pembelajaran berpidato dengan metode pemodelan, mendeskripsikan kemampuan berpidato siswa kelas XI SMA Pancasila Purworejo dengan menggunakan metode pemodelan. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan data tes dan nontes, sedangkan analisis data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Data- data yang di­peroleh telah diuji dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Langkah-langkah yang diterapkan adalah membagi tema pidato kepada siswa, ber­tindak sebagai model, memberi kesempatan siswa untuk berlatih, dan menugasi siswa untuk maju berpidato. Berdasarkan hasil penelitian, siswa menunjukkan sikap kurang tertarik terhadap pidato pada prasiklus. Namun, siswa menunjukkan peningkatan minat terhadap pidato pada siklus I dan siklus II. Terjadi peningkatan dalam nilai pidato siswa setelah diberikan metode pemodelan. Pada prasiklus, rata-rata delapan aspek pidato seluruh siswa adalah 5.87. Pada siklus I, rata-rata delapan aspek pidato seluruh siswa adalah 7.08. Nilai rata-rata delapan aspek pidato seluruh siswa pada siklus II adalah 7.42.

Kata kunci: pidato, pemodelan, SMA Pancasila Purworejo, XI IPA 2


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.