NILAI PENDIDIKAN AKHLAK TOKOH UTAMA NOVEL SUNSET TERAKHIR DI TEHERAN DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

War Wardiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) wujud pendidikan akhlak tokoh utama novel Sunset Terakhir di Teheran dan (2) skenario pembelajaran novel Sunset Terakhir di Teheran di SMA. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan objek wujud akhlak tokoh-tokoh utama dalam novel Sunset Terakhir di Teheran dan skenario pembelajaran apresiasi sastra di SMA. Penelitian ini difokuskan pada nilai-nilai pendidikan tokoh utama dan indikator sikap atau perilaku tokoh yang menunjukkan nilai pendidikan utama tersebut serta pembelajaran novel tersebut di SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan teknik catat dan analisisnya menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian ini adalah (1) novel Sunset Terakhir di Teheran mengandung wujud nilai tokoh yang tercermin pada tokoh utama yang meliputi nilai akhlak terhadap pribadi, nilai akhlak terhadap keluarga, dan akhlak terhadap sesama; (2) skenario pembelajaran novel Sunset Terakhir di Teheran dimanfaatkan sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra untuk kelas XI SMA, yakni dalam pembelajaran Kompetensi Dasar menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik.

Kata Kunci: nilai pendidikan akhlak, tokoh utama


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.