ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH RAIHANA DALAM NOVEL PUDARNYA PESONA CLEOPATRA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) struktur novel Pudarnya Pesona Cleopatra; (2) aspek kepribadian id, ego, dan superego tokoh Raihana, dan (3) skenario pembelajaran novel Pudarnya Pesona Cleopatra di kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah struktur novel, aspek id, ego, dan superego tokoh Raihana, serta skenario pembelajaran novel tersebut di kelas XI SMA. Penelitian ini difokuskan pada tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, dan sudut pandang serta sikap atau perilaku yang menunjukkan aspek id, ego, dan superego tokoh Raihana. Selain itu, fokus penelitian ini adalah skenario pembelajaran novel tersebut pada siswa kelas XI SMA dengan menggunakan model PAIKEM. Sumber data penelitian ini adalah novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy. Dalam mengumpulkan data, digunakan metode baca dan catat dengan peneliti sendiri sebagai human instrumen yang dibantu kartu data. Data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis isi (content analysis) dan hasilnya dipaparkan dengan metode informal. Hasil penelitian ini adalah: (1) Unsur intrinsik novel Pudarnya Pesona Cleopatra yang terdiri dari tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, dan sudut pandangberhubungan satu dengan lainnya sehingga menciptakan totalitas cerita yang harmonis; (2) Aspek psikologis tokoh Raihana dari mempunyai energi superego yang lebih besar daripada aspek lainnya. Aspek id Raihana tampak ketika ia menginginkan kebahagiaan dalam pernikahannya dan diungkap-kan dengan menanyakan ketegasan cinta dari suaminya. Aspek ego Raihana tampak ketika Raihana tetap tetap bersabar menghadapi sikap suaminya demi keutuhan keluarga dan kebahagiaan suami serta keluarganya. Sementara itu, aspek superego Raihana terlihat sangat menonjol dengan sikapnya yang tetap berpegang teguh pada aturan dan norma yang berlaku dalam agama maupun adat Jawa bahwa seorang istri adalah sepenuhnya milik suami dan sebisa mungkin mengabdi dan membahagiakan suaminya. Hal ini ditunjukkan Raihana dengan tetap mendoakan kebaikan untuk suami kendati Raihana merasa telah disakiti olehnya; (3) skenario pembelajaran novel Pudarnya Pesona Cleopatra di SMA efektif dilaksanakan dengan model PAIKEM.
Kata kunci: kajian psikologi, struktur novel, Pudarnya Pesona Cleopatra, pembelajaran
sastra di SMA
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.