PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK AKROSTIK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AMBAL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Tur Turyati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penerapan teknik akrostik untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambal Tahun Pelajaran 2013/2014; 2) mendeskripsikan pengaruh pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambal tahun pelajaran 2013/2014; 3) mendeskripsikan tingkat keberhasilan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambal setelah dilaksanakan pembelajaran menulis puisi dengan teknik Akrostik. Setelah dilaksanakan penelitian dengan teknik akrostik,dapat disimpulkan: 1) pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambal terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus 1, dan siklus 2; 2) pengaruh pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambal dapat diketahui melalui hasil observasi, kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi foto; 3) peningkatan keterampilan menulis puisi dengan teknik akrostik pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ambal diketahui pada tahap prasiklus nilai rata-rata kelas sebesar 65,78, kemudian mengalami peningkatan pada siklus 1 menjadi 80,15, dan pada siklus 2 menjadi 85,69.

Kata Kunci: menulis puisi, teknik akrostik.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.