PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK LAPORAN PERJALANAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VIII SMP MA’ARIF KALIBAWANG WONOSOBO

Tita Yulianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan model pembelajar­an kooperatif teknik Two Stay Two Stray sebagai upaya untuk meningkatkan kemampu­an menyimak la­poran perjalanan; (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran menyimak lapor­an perjalanan; dan (3) peningkatan kemampuan menyimak laporan perjalanan setelah mem­­peroleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes kemampuan menyimak, sedangkan teknik nontes berupa catatan lapangan, observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi foto. Dari hasil penelitian ini disim­pulkan bahwa (1) Langkah-langkah pembelajaran menyimak laporan perjalanan dengan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray meliputi a) siswa berdiskusi untuk menentukan isi laporan perjalanan yang dibacakan, b) anggota kelompok berta­mu ke ke­lompok lain, anggota yang tinggal, menyampaikan hasil kerja kepada anggota ke­lom­­pok lain yang berkunjung, c) tamu mohon diri dan kembali ke kelompok masing-ma­sing dan melaporkan temuannya serta mencocokkan dan mem­ba­has hasil kerja mereka, d) presentasi hasil diskusi, (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray terhadap keaktifan siswa kelas VIII SMP Ma’arif Kalibawang dalam menulis naskah drama diketahui dari hasil ob­ser­vasi, dan wawancara. (3) Peningkatan kemampu­an menyimak laporan per­ja­lanan siswa kelas VIII SMP Ma’arif Kalibawang dapat diketahui dari nilai rata-rata pada pratindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada pratindakan sebesar 59,3 dan menjadi 68,4 pada siklus II atau meningkat 9,1 poin.

Kata Kunci : Menyimak Laporan perjalanan, Model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.