PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK LAPORAN PERJALANAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VIII SMP MA’ARIF KALIBAWANG WONOSOBO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan menyimak laporan perjalanan; (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray terhadap keaktifan siswa dalam pembelajaran menyimak laporan perjalanan; dan (3) peningkatan kemampuan menyimak laporan perjalanan setelah memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa tes kemampuan menyimak, sedangkan teknik nontes berupa catatan lapangan, observasi, wawancara dengan guru dan siswa, serta dokumentasi foto. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Langkah-langkah pembelajaran menyimak laporan perjalanan dengan model pembelajaran kooperatif teknik two stay two stray meliputi a) siswa berdiskusi untuk menentukan isi laporan perjalanan yang dibacakan, b) anggota kelompok bertamu ke kelompok lain, anggota yang tinggal, menyampaikan hasil kerja kepada anggota kelompok lain yang berkunjung, c) tamu mohon diri dan kembali ke kelompok masing-masing dan melaporkan temuannya serta mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka, d) presentasi hasil diskusi, (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray terhadap keaktifan siswa kelas VIII SMP Ma’arif Kalibawang dalam menulis naskah drama diketahui dari hasil observasi, dan wawancara. (3) Peningkatan kemampuan menyimak laporan perjalanan siswa kelas VIII SMP Ma’arif Kalibawang dapat diketahui dari nilai rata-rata pada pratindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada pratindakan sebesar 59,3 dan menjadi 68,4 pada siklus II atau meningkat 9,1 poin.
Kata Kunci : Menyimak Laporan perjalanan, Model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.