PENINGKATAN KETEREAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE KOLABORASI PADA SISWA MTs
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode kolaborasi dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa; (2) peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode kolaborasi dalam pembelajaran menulis puisi; (3) pengaruh metode kolaborasi terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Setelah dilaksanakan penelitian dengan metode kolaborasi dalam pembelajaran menulis puisi, dapat disimpulkan: (1) pelaksanaan pembelajaran menulis puisi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap prasiklus, tahap siklus satu, dan tahap siklus dua, (2) peningkatan kemampuan menulis puisi siswa dengan menggunakan metode kolaborasi dapat dilihat dari tahap prasiklus dengan nilai rata-rata 65,63 meningkat pada siklus satu dengan nilai rata-rata 77,11 dan meningkat pada siklus dua dengan nilai rata-rata 80,46, (3) pengaruh metode kolaborasi terhadap motivaisi siswa pada kegiatan prasiklus dapat diketahui melalui hasil lembar pengamtan.
Kata kunci: menulis puisi, metode kolaborasi
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.