PENINGKATAN KETEREAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE KOLABORASI PADA SISWA MTs

Har Harisun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan metode kolabo­rasi dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa; (2) peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode kolaborasi dalam pembelajaran menulis puisi; (3) penga­ruh metode kolaborasi terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Sete­lah dilaksanakan penelitian dengan metode kolaborasi dalam pembelajaran menulis pu­isi, dapat disimpulkan: (1) pelaksanaan pembelajaran menulis puisi terdiri dari tiga tahap yaitu tahap prasiklus, tahap siklus satu, dan tahap siklus dua, (2) peningkatan kemam­pu­an menulis puisi siswa dengan menggunakan metode kolaborasi dapat dilihat dari tahap prasiklus dengan nilai rata-rata 65,63 meningkat pada siklus satu dengan nilai rata-rata 77,11 dan meningkat pada siklus dua dengan nilai rata-rata 80,46, (3) pengaruh meto­de kolaborasi terhadap motivaisi siswa pada kegiatan prasiklus dapat diketahui melalui hasil lembar pengamtan.

Kata kunci: menulis puisi, metode kolaborasi


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.