ASPEK PENDIDIKAN MORAL DALAM NOVEL CINTA SUCI ZAHRANA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN SKENARIO PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan struktur karya sastra; (2) mendeskripsikan aspek-aspek pendidikan moral novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy; dan (3) mendeskripsikan skenario pembelajaran unsur intrinsik dan aspek-aspek pendidikan moral novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah aspek-aspek pendidikan moral novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy dan skenario pembelajaran di kelas XI SMA. Data yang digunakan adalah narasi dan percakapan yang berbentuk kutipan novel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan observasi. Istrumen penelitian ini adalah penulis sendiri sebagai peneliti, kartu data, dan alat tulis. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian informal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa novel Cinta Suci Zahrana karya Habiburrahman El Shirazy mengandung (1) struktur karya sastra, yaitu: (a) tema, (b) alur, (c) tokoh dan penokohan, (d) sudut pandang pengarang, dan (e) amanat; (2) aspek-aspek pendidikan moral yang ditemukan dalam novel tersebut, yaitu: (a) aspek-aspek pendidikan moral novel Cinta Suci Zahrana yang berhubungan dengan diri sendiri, (b) aspek-aspek pendidikan moral novel Cinta Suci Zahrana yang berhubungan dengan manusia lain, dan (c) aspek-spek pendidikan moral novel Cinta Suci Zahrana yang berhubungan dengan Tuhan-Nya, (2) skenario pembelajaran novel Cinta Suci Zahrana di kelas XI SMA berdasarkan KTSP adalah sebagai berikut: (a) Pendahuluan, (b) inti, dan (c) penutup.
Kata Kunci: aspek pendidikan moral, skenario pembelajaran di kelas xi sma
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.