PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGALAMAN PRIBADI MELALUI MODEL STAD SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini dilakikan dengan tujuan mendeskripsikan: (1) langkah-langkah pembelajaran menulis pengalaman pribadi melalui model STAD pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013?, (2) perubahan sikap perilaku siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 setelah dilaksanakan pembelajaran menulis pengalaman pribadi melalui model STAD?, dan (3) peningkatan keterampilan menulis pengalaman pribadi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo, setelah dilaksanakan pembelajaran menulis dengan model STAD? Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan non tes. Dalam teknik analisis data , peneliti menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah analisis informal. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa: (1) langkah-langkah pembelajaran menulis pengalaman pribadi melalui model STAD pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013 adalah ((i) guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok; (ii) tiap-tiap kelompok diberikan materi atau modul tentang materi menulis pengalaman pribadi; (iii) peneliti memberikan penjelasan menulis pengalaman pribadi; (iv) masing-masing kelompok mempresentasikan materi dalam modul di depan kelas; (v) siswa diberi tes menulis pengalaman pribadi; (vi) siswa diberi kesempatan untuk membacakan hasil pekerjaan mereka di depan kelas; (vii) guru dan siswa bersama-sama membahas hasil penulisan pengalaman pribadi; (2) pembelajaran menulis melalui model STAD memberikan pengaruh positif terhadap perubahan perilaku siswa kelas VII SMP Negeri 15 Purworejo tahun pelajaran 2012/2013; (3) keterampilan menulis siswa kelas VII SMP Negeri 15 purworejo tahun pelajaran 2012/2013 meningkat setelah dilakukan pembelajaran menulis dengan model STAD. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus ialah 60, siklus I 71, 9 dan siklus II sebesar 80, 9 dengan kategori cukup signifikan.
Kata Kunci: keterampilan menulis, model STAD
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.