PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN METODE LEARNING COMMUNITYSEBAGAI UPAYA MEMBANGUN KARAKTER KREATIF PADA SISWA KELAS X SMA PANCASILA PURWOREJO

Mar Mardianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1)penerapan pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan metode learning community;(2)pengaruh pembelajaran menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan metode learning community terhadap motivasi belajar siswa sebagai upaya membangun karakter kreatif dan bekerja sama; (3)peningkatan keterampilan menulis cerpen berdasarkan pengalaman orang lain dengan metode learning community pada siswa kelas X-B SMA Pancasila Purworejo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen pengumpulan data menggunakan intrumen tes dan nontes. Sumber data diambil dari hasil tes dan nontes siswa. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik tes dan nontes. Dalam teknik analisis data digunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Dalam teknik penyajian hasil analisis,peneliti menggunakan teknik gabungan antara informal dan formal.Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan metode learning community yaitumateri pembelajaran dan pembagian kelompok, siswa saling bertukar cerita pengalaman pribadinya dalam lembar kertas dengan teman satu meja untuk dikembangkan menjadi cerpen, siswa mendiskusikan kekurangan dari hasil cerpen yang telah ditulis untuk diimajinasikan kembali cerpen yang ditulis menjadi lebih baik, (2)motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran menulis cerpen pada prasiklus masih tergolong rendah, pada siklus I meningkat menjadi baik, dan pada siklus II menjadi lebih baik dari prasiklus dan siklus I sehingga pembelajaran dengan metode learning community mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menulis cerpen serta membangun karakter kreatif dan bekerja sama, (3) pembelajaran menulis cerpen dengan metode learning communitydapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis cerpen. Peningkatandilihat dari kemampuan siswa dalam menulis cerpen pada prasiklus dengan rerata tes mencapai 62,7. Siklus I meningkat menjadi 71,9, dan siklus II meningkat menjadi 77,1.

 

Kata kunci :menulis cerpen, metode learning community, karakter kreatif


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.