IDENTIFIKASI TOKOH UTAMA DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DAN SKENARIO PEMBELAJARNNYA DI KELAS VIII SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) identifikasi karakter tokoh utama “Keke” dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan kayar Agnes Davonar, (2) nilai-nilai pendidikan yang terdapat dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan kayar Agnes Davonar, (3) skenario pembelajaran tokoh utama dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar di Kelas VIII SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Artinya, penulis membahas dan mengkaji novel tidak menggunakan angka, tetapi menekankan pada deskripsi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa(1) identifikasi karakter tokoh utama dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar, meliputi: (a) inferiority bentuk rasa takut dan rasa malu, (b) perubahan sikap yang bernilai positif atas kelemahan /kekurangan. (2) nilai-nilai pendidikan dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan antara lain: (a) nilai pendidikan religius, (b) nilai pendidikan moral, (c) nilai pendidikan sosial, (d) nilai pendidikan budaya. (3) Novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran di kelas VIII SMP.
Kata kunci: Identifikasi Tokoh Utama, Nilai-nilai Pendidikan, Skenario Pembelajaranya di SMPFull Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.