PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN TEKNIK LATIHAN TERBIMBING BERDASARKAN ILUSTRASI TOKOH IDOLA SISWA KELAS IX SMP VIP AL-HUDA KEBUMEN TAHUN AJARAN 2013/2014

Mame Bagja Melani

Abstract


Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) bagaimanakah pembelajaran menulis cerpen berdasarkan ilutrasi tokoh idola dengan teknik latihan terbimbing siswa kelas IX SMP VIP Al-Huda Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014, (2) bagaimanakah perubahan sikap dan perilaku pada siswa kelas IX SMP VIP Al-Huda Kebumen terhadap pembelajaran menulis cerpen, setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola, (3) bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMPVIP Al-Huda Kebumen Tahun Ajaran 2013/2014 setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan nontes. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen terdiri dari tiga tahap yaitu tahap prasiklus, tahap siklus I, dan tahap siklus II (2) perubahan sikap dan perilaku siswa kelas IX SMP VIP Al- Huda Kebumen dalam pembelajaran menulis cerpen dengan teknik latihan terbimbing terdapat perubahan positif perilaku siswa dalam proses pembelajaran menulis cerpen. Hasil observasi pada prasiklus 31,25%, siklus I sebesar 52,15%, siklus II mengalami peningkatan sebesar 78,75% menunjukkan keaktifan baik, (3) peningkatan keterampilan menulis cerpen siswa kelas IX SMP VIP Al-Huda Kebumen, setelah mengikuti pembelajaran dengan teknik latihan terbimbing berdasarkan ilustrasi tokoh idola terlihat dari hasil tes menulis cerpen siswa pada tahap prasiklus 61,93, siklus I 75,18, siklus II meningkat menjadi 80,12.

Kata Kunci: keterampilan menulis cerpen, teknik latihan terbimbing, ilustrasi tokoh idola


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.