PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS XI SMK PN 2 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan (1) langkah-langkah pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media gambar pada siswa kelas XI TP 2A SMK PN 2 Purworejo tahun ajaran 2012/2013, (2) pengaruh pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media gambar terhadap minat siswa, dan (3) kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi setelah memperoleh pembelajaran dengan media gambar. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes, observasi, angket, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Dalam penyajian data digunakan metode informal. Dari hasil penelitian disimpulkan (1) langkah-langkah pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan media gambar dilakukan dalam dua tahap yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus penelitian dilakukan dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, (2) minat belajar siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada prasiklus, rerata skor yang diperoleh adalah 69. Pada siklus I, rerata skor yang diperoleh adalah 86,66 dan pada siklus II rerata skor yang diperoleh mencapai 91,33, (3) kemampuan menulis paragraf deskripsi pada prasiklus, siklus I dan siklus II juga terjadi peningkatan. Pada prasiklus, rerata skor yang diperoleh adalah 64,73. Pada siklus I, rerata skor yang diperoleh adalah 73. Pada siklus II rerata skor yang diperoleh mencapai 78,66.
Kata kunci: menulis paragraf deskripsi, media gambar
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.