PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIDATO DENGAN METODE PEMODELAN PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Bustan Devi Arisandi

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan: (1) penera-pan metode pemodelan pada pembelajaran berpidato pada siswa; (2) peng-aruh metode pemodelan terhadap kemampuan berpidato siswa; dan (3) pe-ningkatan kemampuan siswa kelas XI SMA Muhamadiyah setelah mendapatkan pembelajaran dengan metode pemodelan. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik nontes. Dalam tahap analisis data digunakan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data disajikan secara informal. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan metode pemodelan meliputi (a) penulis menjadi model dalam kegiatan berpidato, (b) siswa diminta untuk mengamati, (c) siswa memberikan komentar tentang pemodel, (d) siswa menulis naskah teks pidato, (e) siswa memberikan tanda jeda pada naskah teks pidatonya (f) siswa mendapat tugas berpidato, (g) siswa mendapat pesan (manfaat berpidato) sebagai bentuk motivasi setelah melakukan kegiatan pembelajaran; (2) pengaruh metode pemodelan terhadap siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Gombong dalam berpidato dapat dilihat dari hasil observasi pada prasiklus siswa aktif 30%, siklus I 30%, dan pada siklus II menjadi 35%. Aspek perhatian siswa pada prasiklus siswa aktif sebanyak 25%, pada siklus I 25%, dan pada siklus II menjadi 50%; (3) dari hasil tes siklus I diketahui adanya peningkatan karena rerata hasil tes prasiklus sebesar 44.0 dan rerata hasil tes siklus I mencapai 68.0, dan hasil tes siklus II mencapai 75.0.

Kata Kunci: kemampuan berpidato, metode pemodelan


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.