Analisis Kelayakan Isi dan Bahasa Buku Teks BAhasa Indonesia Edisi Revisi 2017 untuk SMA/SMK Kelas XI Terbitan Kemendikbud dan Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka

Roudhatul Janah, Habib Sholeh, Suryo Daru Santoso

Abstract


Perubahan kurikulum sangat berdampak pada berbagai komponen pendidikan, salah satunya yaitu pada buku teks atau pelajaran. Dampak tersebut berakibat pada berubahnya buku yang digunakan sesuai dengan kurikulum baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan isi dan bahasa buku teks Bahasa Indonesia edisi revisi 2017 untuk SMA/SMK kelas XI terbitan Kemendikbud. relevansi buku tersebut dengan pembelajaran Bahasa Indonesia pada kurikulum merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yaitu data yang mendukung penelitian bersumber dari buku (pustaka). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penyajian data menggunakan teknik penyajian informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama buku teks ditinjau dari aspek kelayakan isi dinyatakan sangat layak. Secara keseluruhan materi yang disajikan sudah sesuai dengan KI dan KD. Konsep, definisi, cntoh, fakta, dan soal dinilai sudah cukup akurat dan sesuai. Sebagian bab-bab pada buku teks telah menyajikan materi pendukung pembelajaran yang memuat aspek perkembangan ilmu,namun masih ada bab tidak berkaitan dengan perkembangan dengan teknologi. Fitur, contoh, dan rujukan ada yang tidak terkini. Penalaran, komunikasi dan mendorong untuk mencari lebih jauh seringkali ditemui pada soal latihan, buku teks tidak dilengkapi dengan materi pengayaan. Kedua, ditinjau dari aspek kelayakan bahasa buku teks dinyatakan sangat layak. Secara keseluruhan bahasa yang digunakan sudah sesuai dengan tingkat perkembangan intelektual, sosial, dan emosional siswa. Pesan yang disampaikan materi juga mudah untuk dipahami oleh siswa, sebagian besar bacaan yang terdapat di dalam buku sudah menggunakan kalimat efektif dan komunikatif. Ditemukan juga beberapa kesalahan penulisan yang tidak sesuai dengan penulisan kaidah bahasa Indonesia. Penyampaian pesan antara satu bab dengan bab lain, subbab satu dengan subbab lain ,paragraf satu dengan paragraf yang lain dan antara kalimat satu dengan yang lain mencerminkan hubungan yang logis dan runtut. Ketiga, buku teks relevan digunakan sebagai buku pendamping pada materi cerpen, karya ilmiah dan drama dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum merdeka pada fase F.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Susilo, dan Widyatmike Gede Mulawarman. 2022. “Anlisis Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama”. Dalam Diglosia (Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya) Volume 5 Nomor 3 Halaman 707-714. Samarinda. Universitas Mulawarman.

Hendrawan, Yusuf dan Mimi Mulyani. 2017. “Kelayakan Kebahasaan dan Isi Buku teks Bahasa Indonesia Kelas XII SMA”. Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Volume 2 Nomor 2 Halaman 58-62. Singkawang. STKIP Singkawang.

Hijriati, Hanifatul. 2023. “Buku-Buku yang Tersapu Kurikulum Baru”. https://news.detik.com/kolom/d-6879552/buku-buku-yang-tersapu-kurikulum-baru (diunduh pada 23 Desember 2023).

Janah, Insani Miftahul. 2022. “5 Kendala Guru dalam Menghadapi Program Merdeka Belajar”. https://blog.kejarcita.id/5-kendala-guru-dalam-menghadapi-program-merdeka-belajar/ (diunduh pada 18 Juli 2023).

Kinanti, L.P. dan Sudirman. 2017. “Analisis Kelayakan Isi Materi dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran dalam Buku Teks Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung”. Dalam Sosietas (Jurnal Pendidikan Sosiologi) Volume 7 Nomor 1 Halaman 341-345. Bandung. Universitas Pendidikan.

Muslich, Masnur. 2010. Text Book Writing “Dasar-Dasar Pemahaman Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks”. Yogyakarta. Ar- Ruzz Media.

Ruslan, Muhammad. 2018. “Menyoal Kualitas Buku Ajar Sekolah”. https://www.kompasiana.com/2220/5ab856cfcf01b4692f0b3982/menyoal-kualitas-buku-ajar-sekolah. (diunduh pada 15 April 2021).

Saraswati, S. M., Poerwanti, J. I. S, & Sularmi. 2021. “ Analisis Kelayakan Isi Buku Siswa Kelas V Tema Ekosistem di Sekolah Dasar”. Dalam Didaktika Dwija Indria (Jurnal Ilmiah Pendidikan) Volume 9 Nomor 2 Halaman 30-35. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Setyowati, L. Amalia. 2018. “Kelayakan Buku Teks Bahasa dan Sastra Indonesia Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya Kelas XI Karya Penerbit Swasta”. Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang. Universtas Negeri Semarang.

Sholeh, Khabib. 2013. “Pengembangan Teks Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Buku Ajar Berbasis Multiple Intelligences dalam Kurikulum 2013” dalam Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia 2013 di Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1 Juli 2013.

Sudaryanto . 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Jogjakarta. Sanata Dharma University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.