PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMANPRIBADI DENGAN TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN PADA SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF JATILAWANG BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2013/2014

Uki Damayanti

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) langkah-langkah menulis pengalaman pribadi dengan teknik bercerita berpasangan pada siswa kelas VII MTs Ma’arif Jatilawang Banjarnegara tahun ajaran 2013/2014, (2) pengaruh teknik bercerita berpasangan terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Ma’arif Jatilawang Banjarne­gara dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi, (3) peningkatan prestasi kemam­puan menulis pengalaman pribadi yang dicapai melalui pembelajaran dengan teknik ber­cerita berpasangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencana­an, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam teknik pengumpulan data, pe­nu­lis menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data penelitian yang digunakan yaitu teknik kualitatif dan kuantitatif. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik for­mal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) langkah pembelajaran menulis pe­ngalaman pribadi dengan teknik bercerita berpasangan dilakukan dalam empat tahap kegiatan: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, (2) pengaruh aktivi­tas belajar siswa dalam menulis pengalaman pribadi dengan teknik bercerita berpasang­an mengalami peningkatan, (3) kemampuan menulis pengalaman pribadi pada prasiklus sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Pada prasiklus skor rata-rata yang di­per­­oleh sebesar 70,21, pada siklus I memperoleh skor rata-rata sebesar 75,34, dan pada siklus II skor rata-rata sebesar 80,84.

Kata kunci: menulis pengalaman pribadi, teknik bercerita berpasangan


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.