PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PENGALAMANPRIBADI DENGAN TEKNIK BERCERITA BERPASANGAN PADA SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF JATILAWANG BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) langkah-langkah menulis pengalaman pribadi dengan teknik bercerita berpasangan pada siswa kelas VII MTs Ma’arif Jatilawang Banjarnegara tahun ajaran 2013/2014, (2) pengaruh teknik bercerita berpasangan terhadap aktivitas belajar siswa kelas VII MTs Ma’arif Jatilawang Banjarnegara dalam pembelajaran menulis pengalaman pribadi, (3) peningkatan prestasi kemampuan menulis pengalaman pribadi yang dicapai melalui pembelajaran dengan teknik bercerita berpasangan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data penelitian yang digunakan yaitu teknik kualitatif dan kuantitatif. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik formal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) langkah pembelajaran menulis pengalaman pribadi dengan teknik bercerita berpasangan dilakukan dalam empat tahap kegiatan: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa dalam menulis pengalaman pribadi dengan teknik bercerita berpasangan mengalami peningkatan, (3) kemampuan menulis pengalaman pribadi pada prasiklus sampai dengan siklus II mengalami peningkatan. Pada prasiklus skor rata-rata yang diperoleh sebesar 70,21, pada siklus I memperoleh skor rata-rata sebesar 75,34, dan pada siklus II skor rata-rata sebesar 80,84.
Kata kunci: menulis pengalaman pribadi, teknik bercerita berpasangan
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.