PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN PAILKEM PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Tatun Fitna Ariasih

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan: (1) peningkatan mo­tivasi belajar menulis paragraf deskripsi dengan pendekatan PAILKEM pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Purworejo ta-hun ajaran 2013/2014? (2) Peningkatan keterampilan menu­lis pa-ragraf deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Purworejo setelah mem-peroleh pem­belajaran dengan pendekatan PAILKEM tahun ajaran 2013/2014? Pengumpulan data di­lakukan melalui teknik tes dan non-tes. Dalam teknik analisis data, peneliti mengguna­kan teknik kuanti-tatif dan kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang diguna-kan adalah analisis informal. Berdasarkan hasil analisis data, di-ketahui bahwa: (1) penggu­na­an pendekatan PAILKEM dapat me-ningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembe­lajaran menulis pa-ragraf deskripsi ke arah yang lebih baik; (2) pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAILKEM dapat meningkatkan keterampil-an menulis para­graf deskripsi. Skor rata-rata keterampilan menulis paragraf deskripsi yang diperoleh pada prasiklus ialah 63, 34, siklus I 71, 22 dan siklus II sebesar 77, 13. Peningkatan dari prasiklus ke siklus II mencapai 21, 80 % dengan kategori cukup signifikan.

Kata Kunci: menulis paragraf deskripsi, pendekatan pailkem.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.