PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA PANCASILA PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Sri Ani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI IPA 2 SMA Pancasila Purworejo dalam menulis naskah drama dengan model pembela­jar­an mind mapping siklus I, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa kelas XI IPA 2 SMA Pan­­casila Purworejo dalam menulis naskah drama dengan model pembelajaran mind mapping siklus II, dan (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan siswa kelas XI SMA Pancasila Purworejo dalam menulis naskah drama dengan model pembelajaran mind mapping. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) kemampuan siswa kelas XI IPA 2 SMA Pancasila Purworejo dalam menulis naskah drama dengan model pembelajaran mind mapping siklus I meningkat. Rerata hasil tes prasiklus mencapai 2,39 dan siklus I mencapai 3,53, (2) kemampuan sis­wa kelas XI IPA 2 SMA Pancasila Purworejo dalam menulis naskah drama dengan model pembelajaran mind mapping siklus II meningkat. Rerata hasil tes siklus I mencapai 3,53 dan siklus II mencapai 5,64, dan (3) peningkatan kemampuan siswa kelas XI IPA 2 SMA Pancasila Purworejo dalam menulis naskah drama dengan model pembelajaran mind mapping dapat dilihat dari rerata hasil tes setiap siklus dan proses pembelajaran yang dilaksanakan.

Kata kunci: menulis naskah drama, model pembelajaran mind mapping


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.