PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PURWOREJO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran menulis puisi dengan media poster, (2) mendeskripsikan pengaruh pembelajaran menulis puisi dengan media poster terhadap aktivitas dan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Purworejo, dan (3) mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik tes; dan (2) teknik nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik penyajian hasil digunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran menulis puisi dengan media poster pada siswa kelas X dilakukan dalam enam tahap adalah (a) guru menyampaikan materi, (b) guru menjelaskan langkah-langkah menulis puisi, (c) guru memberikan contoh puisi, (d) guru memaparkan media poster pada layar, dan (e) guru menghimbau siswa menulis puisi sesuai dengan poster yang telah ditentukan,(2) peningkatan kualitas menulis puisi dapat dikategorikan baik. Peningkatan tersebut dapat dilihat dengan meningkatnya perhatian siswa selama penulis menjelaskan materi, keaktifan siswa bertanya jawab, keseriusan siswa dalam mendengarkan penjelasan guru, siswa membuat catatan pokok-pokok puisi, keantusiasan dan keseriusan siswa ketika menulis puisi, dan tidak adanya siswa yang mencontoh pekerjaan temannya, (3) peningkatan kualitas hasil menulis siswa dapat dilihat berdasarkan hasil pretes, nilai rata-rata menulis menulis puisi masih rendah yaitu 63,7. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 78,0. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 82,4.
Kata Kunci: keterampilan menulis puisi, media poster
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.