PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PURWOREJO

Ratna Maulidia Fitriana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pembe­lajaran me­nu­­­lis puisi dengan media poster, (2) mendeskripsikan pengaruh pembe­lajaran menulis puisi dengan media poster terhadap aktivitas dan motivasi belajar siswa kelas X SMA Negeri 5 Pur­worejo, dan (3) mendeskripsikan peningkatan kete­rampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 5 Purworejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) teknik tes; dan (2) teknik non­tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah tek­nik kualitatif dan kuantitatif. Tek­nik penyajian hasil digunakan metode penyajian informal. Hasil penelitian ini disim­pulkan bahwa (1) Penerapan pembelajaran menulis puisi dengan me­dia poster pada siswa kelas X dilakukan dalam enam tahap adalah (a) guru menyampai­kan materi, (b) guru menjelaskan langkah-langkah menulis puisi, (c) guru memberikan con­toh puisi, (d) guru memaparkan media poster pada layar, dan (e) guru menghimbau sis­wa menulis puisi sesuai dengan poster yang telah ditentukan,(2) peningkatan kuali­tas menulis puisi dapat dikategorikan baik. Peningkatan tersebut dapat dilihat de­ngan meningkatnya perhatian siswa selama penulis menjelaskan materi, keaktifan siswa bertanya jawab, kese­ri­usan siswa dalam mendengarkan penjelasan guru, sis­wa membuat catatan pokok-pokok pu­isi, keantusiasan dan keseriusan siswa ketika menulis puisi, dan tidak adanya siswa yang mencontoh pekerjaan te­mannya, (3) peningkatan kualitas hasil menulis siswa dapat dilihat berdasarkan hasil pretes, nilai rata-rata menulis menulis puisi masih rendah yaitu 63,7. Pa­da siklus I, nilai rata-rata kelas meningkat yaitu 78,0. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 82,4.

Kata Kunci: keterampilan menulis puisi, media poster


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.