ANALISIS KESALAHAN KEBAHASAAN TEKS ARGUMENTASI KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI DAN RELEVANSINYA PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN MODUL AJAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Prima Taufik, Umi Faizah, Nurul Setyorini

Abstract


Kesalahan kebahasaan merupakan kaidah linguistik yang menarik diteliti. Beberapa penelitian menunjukan bahwa kesalahan kebahasaan teks argumentasi terdiri dari kesalahan fonologi, morfologi, dan sintaksis. Namun, berdasarkan beberapa penelitian tersebut, hasil analisisnya belum spesifik. Oleh karena itu, untuk mengisi kesenjangan tersebut, penelitian ini membahas analisis kesalahan teks argumentasi kelas XI SMK Muhammadiyah Purwodadi. Penelitian ini ertujuan mendeskripsikan: (1) kesalahan fonologi dalam teks argumentasi, (2) kesalahan morfologi dalam teks argumentasi, (3) kesalahan sintaksis dalam teks argumentasi, dan (4) relevansinya pembelajaran menulis dengan modul ajar. Fokus penelitian pada kesalahan kebahasaan teks argumentasi kelas XI SMK Muhammadiyah Purwodadi meliputi: fonologi, morfologi, sintaksis, dan relevansi pembelajaran menulis dengan modul ajar. Dalam pengumpulan data digunakan teknik catat. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik agih dan penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Dari hasil penelitian disimpulkan: (1) Kesalahan fonologi terdiri dari kesalahan huruf kapital pada awal kalimat berjumlah 13 dan kesalahan huruf kapital pada nama geografi berjumlah 2, (2) Kesalahan morfologi terdiri dari kesalahan afiksasi jumlah 13 dan kesalahan reduplikasi berjumlah 2, (3) Kesalahan sintaksis terdiri dari kesalahan kalimat tanpa subjek berjumlah 3 dan kesalahan konjungsi yang berlebihan berjumlah 2, (4) Relevansi pembelajaran menulis dengan modul ajar dengan analisis kesalahan kebahasaan teks argumentasi kelas XI SMK Muhammadiyah Purwodadi dapat dikaitkan Capaian Pembelajaran (CP) elemen menulis yaitu,10.1 Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, dan pengetahuan metakognisi untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif. Tujuan Pembelajaran (TP) adalah 1.1 membuat/merancang teks argumentasi dengan memperhatikan unsur pembentuknya berdasarkan fenomena yang sedang trending di media cetak atau media sosial.

Full Text:

Remote PDF

References


Abidin, Yunus. 2019. Konsep Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

Alwi, H.dkk.2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia.Edisi keempat. Jakarta; Balai Bahasa

Bagiya. 2017. Linguistik umum. Yogyakarta: Jurnal Publishing

Fola, Roli Cahya Hartawan. 2022. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi

Handayani, Yuni. Ragam Bahasa di Indonesia. 2019. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Badan Pengembangan Bahasa. 2022. Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Jakarta.

Prianto, Angga, Bagiya, dan Umi Faizah. 2018. Kajian Fonologi Kemasan Makanan dan Minuman pada Produk Indofood dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Menulis Di Kelas VII SMP. Surya Bahtera. Volume 6 No 52 September 2018 . Universitas Muhammadiyah Purworejo

Ratnaningsih, Arum. 2018. Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Yogyakarta: Media Akademi

Ratnasari, Dian, Fakhrudin, dan Nurul . 2018. Analisis Kesalahan Kebahasaan Karangan Siswa dalam Rangka Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi pada Siswa Kelas X SMK Negeri 6 Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Surya Bahtera Volume 6 No 56 September 2018. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Ruslan. 2021. Penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas. Karanganyar: Penerbit Yayasan Lembaga Gumun Indonesia

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linnguistis.Yogyakarta: Sanata Dharma University Press

Sulistyowati, Hesti, Umi Faizah, dan Joko Purwanto. 2022. Fenomena Perluasan Makna pada Iklan Produk Lion Wings dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di SMA Kelas XII . Surya Bahtera. Jilid 10/ Nomor 1/ Maret 2022, pp: 149-158 ISSN 2338-9389. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Susanti, Fau Helnanirma, Askarman Laila, dan Kalvantinus Ndururu. 2021. Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi Koordinatif dalam Karangan Argumentasi. Jurnal Education And Development Vol.9 , No.2, Edisi Mei 2021. (STKIP) Nias Selatan.

Tantawi, Isma. 2019. Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.