ASPEK SOSIAL DALAM NOVEL TEMUKAN AKU DALAM ISTIKHARAHMU KARYA E. SABILA EL RAIHANY DAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aspek-aspek sosial novel Temukan Aku dalam Istikharahmu karya E. Sabila El Raihany, (2) mendeskripsikan hubungan antaraspek sosial dalam novel Temukan Aku dalam Istikharahmu karya E. Sabila El Raihany, (3) mendeskripsikan pembelajaran sastra di kelas XI SMA, khususnya aspek-aspek sosial yang terdapat dalam Novel Temukan Aku dalam Istikharahmu karya E. Sabila El Raihany. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian berupa (1) aspek-aspek sosial yang berupa (a) aspek kekerabatan meliputi kekerabatan anak dengan orangtuanya, kekerabatan dengan teman dekatnya, dan kekerabatan dengan adiknya , (b) aspek cinta kasih meliputi cinta kasih dengan kedua orangtuanya, dan cinta kasih dengan lawan jenisnya, (c) aspek ekonomi yang terjadi dalam keluarga Alfi hidup dengan sederhana, (d) aspek pendidikan yang ditempuh alfi yaitu pendidikan di Pesantren, dan (e) aspek agama dalam keluarga Alfi yang menunjukkan taat terhadap ajaran agama Islam. (2) hubungan antaraspek sosial dalam novel Temukan Aku dalam Istikharahmu karya E. Sabila El Raihany meliputi hubungan kekerabatan dengan cinta kasih, hubungan pendidikan dengan cinta kasih, hubungan agama dengan cinta kasih, dan hubungan pendidikan dengan ekonomi. (3) pembelajaran sastra di kelas XI SMA terdiri atas (a) kegiatan awal yang dilakukan satu minggu dengan mendekatkan siswa untuk membaca novel, (b) kegiatan inti berisikan tugas kepada siswa untuk mengidentifikasi dan menganalisis aspek sosial serta hungan antaraspek dalam novel secara berkelompok, dan (c) kegiatan akhir dilakukan dengan merefleksi hasil pembelajaran.
Kata kunci: aspek sosial, pembelajaran di SMA.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.