Strategi Retorika Wacana Humor Stand Up Comedy Indonesia Season X Kompas TV
Abstract
Stand up comedy Indonesia merupakan salah satu seni pertunjukan komedi tunggal yang dilakukakn di atas panggung. Komika sebagai pemeran dalam Stand up comedy Indonesia belum dibekali kemampuan beretorika secara baik da sesuai dengan strategi yang tepat. Beberapa penelitian hanya menyampaikan tentang peluang analisis penggunaan retorika verbal dan non verbal serta public speaking pada komunitas stand up comedy, dan belum membahas strategi retorika wacana humor stand up comedy. Untuk mengisi kesenjangan tersebut, peneliti menganalisis strategi retorika wacana humor stand up comedy. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi retorika wacana humor stand up comedy Indonesia season x Kompas TV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik simak catat. Hasil penelitiannya meliputi strategi retorika meliputi inventio (penemuan), dispositio (penyusunan) terdiri atas pengantar, pernyataan, argumentasi dan epilog, elocutio (gaya) terdiri dari gaya bahasa dan gaya suara, memoria (memori), pronuntiatio (penyampaian) terdiri atas teknik verbal, teknik vokal, dan teknik visual. Penelitian ini diharapkan menjadi informasi atau wawasan tambahan mengenai strategi retorika dalam stand up comedy sehingga dapat dipahami lebih baik lagi ketika menyusun wacana humor stand up comedy.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.