ANALISIS KONJUNGSI PADA KOLOM TAJUK RENCANA KEDAULATAN RAKYAT EDISI OKTOBER 2022 SEBAGAI BAHAN AJAR DI KELAS XII SMA

Lisa Octaviani, Khabib Sholeh, Joko Purwanto

Abstract


Kolom tajuk rencana yang terdapat pada Kedaulatan Rakyat edisi Oktober 2022 mengulas informasi yang relevan dengan kepentingan masyarakat. Dalam penggunaan bahasa pada kolom tajuk rencana akan dijumpai pemanfaatan pemilihan kata, ejaan, dan konjungsi yang digunakan tidak sesuai dengan konteks. Penggunaan konjungsi merupakan yang terpenting dalam kalimat karena konjungsi yang kurang tepat dapat mengubah makna kalimat yang disampaikan. Meskipun penggunaan konjungsi dalam suatu kalimat terdapat kekurangan juga tidak menutup kemungkinan apabila belum banyak yang mengetahui jenis-jenis konjungsi yang digunakan. Beberapa penelitian mendeskripsikan tentang bentuk-bentuk kesalahan konjungsi dan tidak membahas tentang penggunaan konjungsi yang tepat. Berdasarkan kesenjangan tersebut, maka peneliti tidak hanya menganalisis kesalahannya saja tetapi juga menganalisis penggunaan konjungsi yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi (1) jenis-jenis konjungsi yang digunakan dalam teks editorial pada kolom Kedaulatan Rakyat edisi Oktober 2022; (2) bahan ajar konjungsi dalam teks editorial di kelas XII SMA. Desain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah surat kabar Kedaulatan Rakyat edisi Oktober 2022 yang difokuskan pada kalimat-kalimat yang mengandung konjungsi yakni konjungsi koordinatif, korelatif, subordinatif, dan antarkalimat. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik baca dan teknik catat. Instrumen dalam penelitian ini berupa peneliti sendiri, kartu pencatat data dengan teknik analisis kualitatif yaitu memahami isi keseluruhan tajuk, mengidentifikasi penggunaan konjungsi, menganalisis konjungsi. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan berupa teknik informal yaitu dengan kata-kata biasa tanpa menggunakan tanda atau lambang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) jenis-jenis konjungsi meliputi: (a) koordinatif: penambahan, pemilihan, pendampingan, pertentangan, dan perlawanan (b) korelatif: perbandingan dan penjumlahan (c) subordinatif: atributif, cara, pembandingan, tujuan, sebab, waktu, hasil, akibat, isi, dan syarat (d) antarkalimat: kronologis (2) bahan ajar konjungsi di kelas XII SMA menggunakan kurikulum 2013 dan sesuai dengan kompetensi dasar 3.6 memahami struktur dan kebahasaan dalam teks editorial dengan model pembelajaran discovery learning yaitu peserta didik secara mandiri belajar berkelompok untuk berdiskusi menemukan dan membahas jawaban. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa penggunaan konjungsi memainkan krusial dalam kolom tajuk rencana sehingga melalui bahan ajar ini dapat meningkatkan pemahaman peserta didik tentang konjungsi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.