PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS ARGUMENTASI DENGAN MEDIA TAJUK RENCANA PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SAPURANTAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Ririn Hasanah

Abstract


Tujuan yang dikaji dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) penerapan proses pembelajaran menulis argumentasi dengan media tajuk rencana, (2) tanggapan siswa mengenai penggunaan media tajuk rencana sebagai upaya peningkatan keterampilan menulis argumentasi siswa, (3) peningkatan produk keterampilan menulis argumentasi siswa setelah memperoleh pembelajaran dengan media tajuk rencana. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Sapuran Tahun Pembelajaran 2012/2013, yang berjumlah 32 siswa. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian dilakukan tes dan non tes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal. Hasil observasi pada siklus I, siswa masih kurang dalam mengikuti pembelajaran karena hanya terdapat 11 siswa atau 34, 38% yang lulus KKM dalam pembelajaran, pada siklus II sebagian besar siswa sudah mulai mengikuti dan menikmati pembelajaran yang diterapkan oleh penulis dengan baik. Hal ini dilihat dari jumlah siswa yang lulus KKM sebanyak 28 siswa atau 87, 5%. Hasil keterampilan siswa menulis argumentasi dengan media tajuk rencana memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 58, 10 termasuk dalam kategori kurang, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 71, 22, dan termasuk dalam kategori cukup baik. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai adalah 78, 88. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 7, 65. Dengan demiikian dapat dibuktikan ada peningkatan dalam pembelajaran menulis argumentasi dengan media tajuk rencana pada siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Sapuran.

Kata kunci: Peningkatan, Keterampilan menulis, Argumentasi, Tajuk rencana.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.