Analisis Makna Referensial dan Non-referensial pada Pamflet dan Spanduk di Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun 2022

Nafa Dwi Cahyani, Umi Faizah, Nurul Setyorini

Abstract


Meskipun pamflet dan spanduk media komunikasi yang umum digunakan di Universitas Muhammadiyah Purworejo, belum ada penelitian yang secara khusus menganalisis makna referensial dan non-referensial yang terkandung didalamnya. Penelitian sebelumnya lebih fokus pada analisis teks dalam bentuk tulisan formal seperti jurnal atau buku, sedangkan penggunaan bahasa dalam pamflet dan spanduk belum mendapatkan perhatian yang lebih. Oleh karena itu, masih dapat kekurangan pengetahuan bagaimana pamflet dan spanduk di Universitas Muhammadiyah Purworejo tersebut menggunakan makna referensial dan non-referensial untuk menyampaikan pesan terhadap khalayak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode simak dengan teknik lanjutan rekam atau dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan metode agih dengan tujuan menjelaskan dan memaknai kata-kata yang terdapat dalam pamflet dan spanduk. Tujuan dari penelitian ini mendeskripsikan jenis makna referensial dan non-referensial pada pamflet dan spanduk di Universitas Muhammadiyah Purworejo. Berdasarkan analisis dapat diketahui secara umum pamflet dan spanduk di Universitas Muhammadiyah Purworejo memiliki banyak makna salah satunya makna referensial dan makna non-referensial. Makna referensial pada pamflet dan spanduk berbentuk kelas kata nomina benda sehingga memiliki referensi atau acuan. Makna non-referensial dalam pamflet dan spanduk berupa konjungsi atau kata penghubung yang tidak memiliki referen atau acuan, tetapi memiliki fungsi. Penelitian berkontribusi untuk menyampaikan dan memaknai pamflet dan spanduk di Universitas Muhammadiyah Purworejo tahun 2022 sehingga dapat dipahami dengan baik oleh khalayak umum.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.