PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI DENGAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA KELAS X SMK NEGERI I AMBAL TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf narasi fiksi siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal sebelum diadakan pembelajaran dengan metode kooperatif dan (2) mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf narasi fiksi siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal sesudah diadakan pembelajaran dengan metode kooperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) model Arikunto dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan tes dan nontes. Alat yang digunakan dalam pengambilan data berupa soal tes, observasi, angket siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dengan membandingkan rata-rata nilai yang diperoleh antarsiklus dan teknik analisis kritis dengan mengungkapkan kelemahan dan kelebihan kinerja siswa dalam belajar, sedangkan dalam penyajian hasil analisis data digunakan penggabungan teknik informal dan teknik formal yang dipaparkan secara deskriptif verbal dengan uraian atau kata-kata. Berdasarkan hasil analisis data penelitian disimpulkan (1) kemampuan menulis paragraf narasi fiksi siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal sebelum diadakan pembelajaran kooperatif dikategorikan rendah karena rerata hasil tes kemampuan awal baru mencapai 58,1. (2) kemampuan menulis paragraf narasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Ambal setelah diadakan pembelajaran kooperatif dikategorikan cukup baik karena rerata hasil tes siklus I adalah 66. Rerata hasil tes siklus II mencapai 80, termasuk dalam kategori baik.
Kata kunci : paragraf narasi, metode pembelajaran kooperatif
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.