PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMA WIDYA KUTOARJO
Abstract
penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran menulis cerpen dengan media gambar terhadap siswa kelas X SMA Widya Kutoarjo tahun ajaran 2012/2013; (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis cerpen dengan media gambar terhadap siswa kelas X SMA Widya Kutoarjo tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis data digunakan adalah metode penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) media gambar berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis cerpen, perubahan positif aktivitas siswa dalam proses pembelajaran (siswa memperhatikan dan serius dalam mengikuti pembelajaran, siswa aktif menjawab dan bertanya apabila menemukan kesulitan, siswa menulis cerpen dengan serius dan sikap yang baik); (2) hasil kemampuan menulis cerpen siswa mengalami peningkatan melalui media gambar, nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 48,67, siklus I 56, dan siklus II sebesar 70.
Kata kunci: menulis cerpen, media gambar
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.