PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DENGAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS X SMA WIDYA KUTOARJO

Eni Kustanti

Abstract


penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) mendeskripsikan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran menulis cerpen dengan media gambar terhadap siswa kelas X SMA Widya Kutoarjo tahun ajaran 2012/2013; (2) mendeskripsikan peningkatan ke­mam­puan menulis cerpen dengan media gambar terhadap siswa kelas X SMA Widya Ku­toarjo tahun ajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Da­lam teknik analisis data, peneliti menggunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Teknik penyajian hasil analisis data digunakan adalah metode penyajian informal. Berda­sarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) media gambar berpengaruh ter­ha­dap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran menulis cerpen, perubahan positif aktivitas siswa dalam proses pembelajaran (siswa memperhatikan dan serius dalam me­ngikuti pembelajaran, siswa aktif menjawab dan bertanya apabila menemukan kesulit­an, siswa menulis cerpen dengan serius dan sikap yang baik); (2) hasil kemampuan me­nu­lis cerpen siswa mengalami peningkatan melalui media gambar, nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 48,67, siklus I 56, dan siklus II sebesar 70.

Kata kunci: menulis cerpen, media gambar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.