PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS VII MTs PADURESO
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan bercerita dengan media gambar berseri; (2) pengaruh media gambar berseri dalam pembelajaran keterampilan berbicara terhadap aktivitas belajar siswa; dan (3) pening-katan keterampilan bercerita siswa kelas VII MTs Padureso Tahun Pelajaran 2012/2013 setelah memperoleh pembelajaran dengan media gambar ber-seri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Teknik pe-nyajian hasil analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bah-wa (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan bercerita dengan media gambar berseri, yaitu (a) siswa menganalisis gambar; (b) siswa merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik; dan (c) siswa bercerita di depan kelas; (2) aktivitas belajar siswa mengalami perubahan perilaku positif terhadap pembelajaran keterampilan bercerita dengan media gam-bar berseri. Hasil observasi menunjukkan perubahan perilaku positif siswa dengan hasil prasiklus sebesar 48, 25%; siklus I 74%; dan siklus II 82,25%; (3) hasil pembelajaran keterampilan bercerita dengan media gambar berseri mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata prasiklus sebesar 55,7; siklus I sebesar 65,15; dan siklus II sebesar 77,6.
Kata kunci: bercerita, media gambar berseri.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.