Dimensi Pengetahuan Lokal Pada Novel Anak-Anak Semar Karya Sindhunata dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra di Kelas XII SMA

Nawirul Wanadati

Abstract


Abstrak: Novel Anak-Anak Semar karya Sindunata merupakan novel yang memiliki banyak kearifan lokal. Dimensi pengetahuan lokal merupakan bagian dari kearifan lokal yang relevan dengan pembelajaran di SMA. Dimensi pengetahuan lokal sangat penting dipelajari oleh siswa kelas XII SMA pada mata pelajaran bahasa Indonesia untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai budaya dan tradisi lokal, motivasi belajar siswa, kualitas pembelajaran, penghargaan terhadap lingkungan, dan keberlanjutan terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) dimensi pengetahuan lokal dalam novel Anak-Anak Semar karya Sindhunata; dan (2) relevansinya sebagai materi pembelajaran sastra di kelas XII SMA. Sumber data penelitian ini berupa kutipan data dalam novel Anak-Anak Semar karya Sindhunata. Pengumpulan data menggunakan teknik baca dan teknik catat. Instrumen dalam penelitian ini yakni penulis dibantu dengan kartu pencatat data. Teknik analisis data mengunakan analisis interaktif. Teknik penyajian hasil analisis data berupa teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) dimensi pengetahuan lokal meliputi: (a) penentuan waktu pelaksanaan ritual; (b) perubahan iklim; (c) kondisi sosiografi; (d) kondisi geografi; dan (e) jenis flora dan fauna; dan (2) relevansinya sebagai materi pembelajaran sastra di kelas XII SMA pada kompetensi dasar 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel.

Kata Kunci: kearifan lokal, novel, relevansi pembelajaran

 

Abstract: Novel Semar's Children Sindunata's work is a novel that has a lot of local wisdom. The dimension of local knowledge is part of local wisdom that is relevant to learning in high school. The dimension of local knowledge is very important to be studied by class XII high school students in the Indonesian language subject to increase students' understanding of local culture and traditions, student motivation, quality of learning, respect for the environment, and environmental sustainability. This study aims to describe: (1) the dimensions of local knowledge in the novel Semar's Children by Sindhunata; and (2) its relevance as material for learning literature in class XII SMA. The source of this research data is in the form of data quotations in the novel Semar's Children Sindhunata's work. Data collection uses reading and note-taking techniques. The instrument in this study was the writer assisted by a data recorder card. Data analysis technique using interactive analysis. The technique of presenting the results of data analysis is in the form of informal techniques. Based on the research results, it can be concluded: (1) the dimensions of local knowledge include: (a) determining the time of the ritual; (b) climate change; (c) sociographic conditions; (d) geographical conditions; and (e) types of flora and fauna; and (2) its relevance as literature learning material in class XII SMA on basic competence 3.9 Analyzing the content and language of novels.

Keywords: local wisdom, novels, the relevance of learning


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Endraswara, S. 2013. Metodologi Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Ife, Jim dan Tesoriero, Frank. 2016. Community Development: Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismawati, E. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Kinanti, A.B. dan Tjahjono, T. 2022. “Dimensi Kearifan Lokal Masyarakat Sumba Dalam Novel Melangkah Karya J.S.Khairen (Kajian Antropologi Sastra)”. Jurnal BAPALA, 09 (07), 16-30.

Rahmanto, B. 1988. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Antropologi Sastra Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan Dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyorini, Nurul dan Riskiana, Suci. 2017. “Kajian Arkeptipal dan Nilai Kearifan Lokal Legenda Di Purworejo serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Mata Kuliah Kajian Prosa”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17 (02).

Sindhunata. 2022. Anak-Anak Semar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sentausa, T.C., Kadaryati, dan Setyorini, N. 2018. “Analisis Kearifan Lokal Novel Kalamata Karya Ni Made Purnama Sari dan Skenario Pembelajarannya Di Kelas XII SMK”. Jurnal Surya Bahtera, 06 (53).

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sudikan, Setya Yuwana. 2020. Kearifan Budaya Lokal. Sidoarjo: Tankali.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Teeuw, A. 2015. Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.