NILAI PENDIDIKAN NOVEL SANG PEMIMPI DAN RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN APRESIASI SASTRA DI SMP

Riska Anggraeni

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) nilai-nilai pendidikan dan (2) relevansi novel Sang pemimpi sebagai bahan pembelajaran apresiasi novel di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Sang Pemimpi. Objek penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan novel Sang pemimpi dan relevansi novel tersebut digunakan sebagai bahan pembelajaran apresiasi sastra di SMP. Penelitian ini difokuskan pada sikap atau perilaku tokoh-tokoh yang mengandung nilai pendidikan karakter dan menemukan relevansi novel tersebut dengan kriteria bahan pembelajaran apresiasi sastra di SMP. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode baca dan catat dengan peneliti sendiri sebagai human instrumen yang dibantu kartu data. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini adalah (1) novel Sang Pemimpi sarat dengan nilai- nilai pendidikan karakter dan (2) memiliki relevansi dengan kriteria bahan pembelajaran sastra di SMP, baik dari segi sastra, bahasa, sosial budaya, pendidikan, maupun psikologi.

Kata kunci: nilai pendidikan karakter, novel Sang Pemimpi, bahan pembelajaran sastra


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.