PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN TEKNIK OBJEK LANGSUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KARANGGAYAM KABUPATEN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Tujuan yang dikaji dalam skripsi ini adalah mendeskripsikan perubahan sikap dan peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi dengan teknik objek langsung pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Karanggayam Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2012/2013. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Dalam teknik penyajian data digunakan analisis informal. Hasil analisis data terlihat bahwa sikap siswa mengalami perubahan positif (siswa memperhatikan dan merespons dengan antusias (bertanya, menanggapi, dan membuat catatan), siswa berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan diskusi kelompok, siswa merespons positif (senang) terhadap pembelajaran dengan teknik objek langsung, siswa aktif menjawab dan selalu bertanya apabila menemukan kesulitan, siswa menulis paragraf deskripsi dengan sikap yang baik) pada siklus I sekor rata-rata 62,8% dan pada siklus II skor rata-rata 89,4%. Dengan demikian, perubahan siswa yang bersikap positif semakin bertambah dari siklus I ke siklus II sebesar 26,6%. 4. Kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi juga mengalami peningkatan dilihat dari hasil rata-rata kelas pada prasiklus 58,22, pada siklus I sebesar 69,36, dan pada siklus II sebesar 71,9. Dengan demikian, peningkatan dari prasiklus ke siklus I sebesar 11,14 dan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 2,54.
Kata kunci: menulis, deskripsi, teknik objek langsung, siswa
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.