PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MELALUI TEKNIK PEMODELAN BERKELOMPOK PADA SISWA KELAS X MA NEGERI KUTOWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Ahmad Tambah Kurniadi

Abstract


Tujuan penelelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran membaca puisi melalui teknik pemodelan berkelompok, pengaruhnya terhadap sikap dan motivasi belajar siswa, serta peningkatan keterampilan membaca puisi siswa kelas X MA Negeri Kutowinangun setelah memperoleh pembelajaran membaca puisi melalui teknik pemodelan berkelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Alat pengambilan data yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil analisis disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa proses pembelajaran membaca meliputi (a) penyampaian materi teknik membaca puisi, (b) mendatangkan model untuk memberikan contoh pembacaan puisi, dan (c) siswa membaca puisi secara berkelompok. Pembelajaran tersebut terbukti meningkatkan motivasi belajar dan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran membaca puisi. Keterampilan siswa membaca puisi pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata sebesar 65,23 (cukup). Setelah dilaksanakan penelitian pada pada siklus I dan siklus II dengan teknik pemodelan berkelompok nilai rata-rata yang diperoleh siswa mengalami peningkatan mencapai 70,33 (cukup baik) pada siklus I dan pada siklus II nilai rata-rata yang dicapai 76,10 (baik).

Kata kunci: keterampilan membaca puisi, teknik pemodelan berkelompok



Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.