KAJIAN BUDAYA  PADA NOVEL TAPAK JEJAK KARYA FIERSA BESARI  DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA KELAS XI  

Aisyah Nurul Aini Aisyah, Kadaryati Kadaryati, Joko Purwanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Unsur Budaya Masyarakat Indonesia Timur tepatnya di wilayah Papua dalam novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari; dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran novel di kelas XI SMA. Sumber data pada penulisan ini adalah novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari. Pengumpulan data digunakan teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data mengunakan teknik analisis isi untuk membuat simpulan terhadap data yang diperoleh dari membaca karya sastra. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal atau penyajian hasil analisis data dengan kata-kata biasa tanpa tanda atau lambang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Unsur Budaya Masyarakat Indonesia Timur tepatnya di wilayah Papua dalam novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari meliputi: (a) sistem peralatan hidup dan teknologi meliputi: rumah sebagai tempat tinggal dan sepeda motor, perahu, serta kapal sebagai alat transportasi; (b) sistem mata pencaharian hidup meliputi: sebagai pegawai; (c) sistem religi meliputi patuh terhadap agama islam dan patuh terhadap Tuhan; dan (d) kesenian meliputi: seni tari dan seni rupa; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Tapak Jejak karya Fiersa Besari dengan model pembelajaran Group Investigation serta kompetensi dasar 3.11. Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca Kata kunci: novel, unsur budaya, rencana pelaksanaan pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Surakarta: Yuma Pustaka

Besari, Fiersa. 2019. Tapak Jejak. Jakarta: Mediakita

Cahyani, Murni. 2019. “Analisis Kearifan Lokal Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo.

Elia, Kadaryati, dan Bagiya. 2015. “Analisis Nilai Budaya Babad Banyuurip dan Relevansinya sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di Kelas X SMA”. Jurnal Surya Bahtera, 3 (28): 1-6. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Antropologi Sastra. Yogyakarta: Ombak Dua.

Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak Dua.

Khusnul, Bagiya, dan Joko. 2016. “Unsur Budaya dan Kearifan Lokal Novel Dasamuka karya Junaedi Setiyono dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA (Kajian Antropologi Sastra). Jurnal Surya Bahtera. Universitas Muhammadiyah Purworejo, Vol 4, No 35.

Koentjaraningrat. 2015. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: Pustaka Belajar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2019. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ratna, Nyoman Kutha. 2017. Antropologi Sastra: Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rofiq Handoyo, Bagiya, dan Setyorini, N. 2015. “Nilai-Nilai Budaya dalam Novel Sumpah Karolina Karya Dewi Maharani dan Skenario Pembelajarannya di SMA”. Jurnal Surya Bahtera, 53 (26): 1-5. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sujarwa. 2018. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirno. 2021. Penelitian Jenis-jenis Analisis Novel. Purwokerto: Pustaka Belajar.

Walyuo, J.Herman. 2017. Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Wiyono, Hendri. 2014. “Nilai Budaya dalam Novel Sinden Karya Puwadmadi Admadipurwa dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera, 2 (16): 1-7. Universitas Muhammadiyah Purworejo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.