Persuasive Speech Acts Analysis on Indofood Food and Beverage Advertisements and Learning Plans in Class XII SMA

Dela Safira, Umi Faizah, Bagiya Bagiya

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) tindak tutur persuasif dalam iklan dan minuman produk Indofood (2) rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas XII SMA berbasis KD 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks iklan, baik lisan dan tulisan serta 4.1 Menafsirkan makna teks iklan, baik lisan maupun tulisan. Pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik Listening Free Libat Cakap dan teknik mencatat. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan data dan pembahasan, kata kunci dalam iklan produk makanan dan minuman Indofood terdapat 2 jenis perintah, terdiri dari perintah 2 ucapan;1 tuturan tipe ajakan, terdiri dari fungsi undangan 7 tuturan; 2 jenis tuturan komisif dengan fungsi yang terbukti; 1 penawaran fungsi komisif jenis bicara; (2) rencana pelaksanaan pembelajaran dengan materi teks iklan di kelas XII SMA dilaksanakan dengan menggunakan kurikulum 2013 berbasis KD 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks iklan, baik secara lisan maupun tertulis dan 4.1 Menafsirkan makna iklan baik secara lisan maupun tertulis. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode Cooperative Learning.(2) rencana pelaksanaan pembelajaran dengan materi teks iklan di kelas XII SMA dilaksanakan dengan menggunakan kurikulum 2013 berbasis KD 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks iklan, baik secara lisan maupun tertulis dan 4.1 Menafsirkan makna iklan baik secara lisan maupun tertulis. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode Cooperative Learning. (2) rencana pelaksanaan pembelajaran dengan materi teks iklan di kelas XII SMA dilaksanakan dengan menggunakan kurikulum 2013 berbasis KD 3.1 Memahami struktur dan kaidah teks iklan, baik secara lisan maupun tertulis dan 4.1 Menafsirkan makna iklan baik secara lisan maupun tertulis. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode Cooperative Learning.    Kata kunci: tindak tutur persuasif, iklan makanan dan minuman produk Indofood, rencana pelaksanaan pembelajaran.  

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.