PERUBAHAN BERVARIASI NOVEL RENTANG KISAH KARYA GITA SAVITRI KE BENTUK FILM RENTANG KISAH SUTRADARA DANIAL RIFKI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Utari Nanda Saputri, Kadaryati Kadaryati, Joko Purwanto

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perubahan bervariasi dari novel ke film dari Rentang Kisah; dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah novel dan film Rentang Kisah. Fokus penelitian ini adalah transformasi berbagai novel ke dalam film Rentang Kisah karya sutradara Danial Rifki dan RPP untuk kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini adalah novel dan film. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik mencatat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan kartu perekam data dan alat tulis. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Teknik penyajian hasil analisis data berupa teknik informal.Berdasarkan penelitian ini, dapat diperoleh bahwa: (1) berbagai perubahan dalam film tersebut antara lain: (a) tema minor yaitu isu ekonomi dan isu agama; (b) alur, yaitu alur lanjutan yang cukup berbeda dengan novel pada setiap tahapannya; (c) sudut pandang orang ketiga adalah serba tahu; dan (d) amanatnya adalah sebesar apapun masalahnya, jika kita kembali kepada Allah SWT. pasti akan lebih mudah dan berbakti kepada orang tuamu atas pengorbanan yang telah mereka lakukan untukmu; dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas XI SMA dengan metode kooperatif tipe investigasi kelompok berbasis saintifik. Kompetensi dasar 3.18 Membiasakan alur cerita, akting, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton.yang merupakan plot lanjutan yang cukup berbeda dari novel di setiap tahap; (c) sudut pandang orang ketiga adalah serba tahu; dan (d) amanatnya adalah sebesar apapun masalahnya, jika kita kembali kepada Allah SWT. pasti akan lebih mudah dan berbakti kepada orang tuamu atas pengorbanan yang telah mereka lakukan untukmu; dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas XI SMA dengan metode kooperatif tipe investigasi kelompok berbasis saintifik. Kompetensi dasar 3.18 Membiasakan alur cerita, akting, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton. yang merupakan plot lanjutan yang cukup berbeda dari novel di setiap tahap; (c) sudut pandang orang ketiga adalah serba tahu;dan (d) amanatnya adalah sebesar apapun masalahnya, jika kita kembali kepada Allah SWT. pasti akan lebih mudah dan berbakti kepada orang tuamu atas pengorbanan yang telah mereka lakukan untukmu; dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas XI SMA dengan metode kooperatif tipe investigasi kelompok berbasis saintifik. Kompetensi dasar 3.18 Mengidentifikasi alur cerita, akting, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton. dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas XI SMA dengan metode kooperatif tipe investigasi kelompok berbasis saintifik. Kompetensi dasar 3.18 Mengidentifikasi alur cerita, akting, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton. dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas XI SMA dengan metode kooperatif tipe investigasi kelompok berbasis saintifik. Kompetensi dasar 3.18 Membiasakan alur cerita, akting, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton.
Kata kunci : perubahan bervariasi, film, RPP


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.