ANALISIS MASKULINITAS TOKOH UTAMA DALAM NASKAH DRAMA MALAM JAHANAM KARYA MOTINGGO BOESJE DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Dino Budiyanto, Kadaryati Kadaryati, Joko Purwanto

Abstract


ABSTRAK:   Tujuan penelitian ini mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik; (2) maskulinitas; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran naskah drama Malam Jahanam karya Motinggo Boesje di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian berupa ciri kapribadian maskulinitas tokoh Mat Kontan dalam naskah drama Malam Jahanam karya Motinggo Boesje. Teknik pengumpulan data berupa teknik pustaka dan teknik catat. Sumber data penelitian ini adalah naskah drama Malam Jahanam karya Motinggo Boesje. Teknik analisis data berupa analisis isi.Berdasarkan penelitian, dapat diperoleh bahwa: (1) tidak terdapat unsur intrinsik naskah drama Malam Jahanam karya Motinggo Boesje mencakup enam unsur, yaitu (a) tema: pada bagian yang terdapat tema walikota yang berisikan lika-liku kehidupan rumah tangga dan tema minor yang berisikan masalah perselingkuhan, kesombongan dan masalah penyesalan; (b) alur: alur maju; (c) tokoh dan perwatakan: tokoh protagonis: Mat Kontan memiliki watak sombong, penakut, emosional, sok tahu dan tokoh Paijah memiliki watak pencemas dan tidak setia; tokoh antagonis: soleman memiliki watak penakut, pembual, perhatian kepada paijah dan tokoh utai memiliki watak penurut dan jahil; tokoh triagonis: tukang pijat memiliki watak selalu ingin tahu sesuatu permasalahan;(d) digolongkan menjadi tiga, latar tempat: di pekarangan rumah dan di dalam rumah; latar waktu: malam hari; latar suasana: sunyi, menakutkan, sedih, dan tegang (menegangkan); (e) dialog : Dialog pada naskah dramaMalam Jahanamberisikan dialog-dialog yang menggambarkan sifat para tokoh, menampilkan hingga alur, menciptakan konflik antartokoh, fakta yang dibutuhkan untuk membangun drama maupun interaksi antartokoh, serta sebagai penghubung antara satu adegan dengan adegan lain; (f) amanat: kita harus orang yang jujur karena apabila kita berbohong dapat merugikan diri sendiri dan janganlah kita menyembunyikannya karena cepat atau lambat itu akan terbongkar juga; (2) maskulinitas: tokoh Mat Kontan memiliki Sembilan ciri kepribadian maskulinitas yaitu: (a) memiliki prinsip kuat (b) perhatian kepada keluarga (c) percaya diri, (d) tidak putus asa, (e) memiliki bini atau istri (e) temperamen, (f) realistis, (g) tegas, dan (h) tegas;cooperative learning

Kata kunci: maskulinitas, naskah drama dan rencana pembelajaran

ABSTRACT: The purpose of this research  is to describe: (1) intrinsic elements; (2) masculinity; (3) the implementation plan for learning the content of the play script Malam Jahanam by Motinggo Boesje in class XI SMA. This research is a qualitative descriptive research. The object of the research is the masculinity of Mat Kontan's character in the drama script Malam Jahanam by Motinggo Boesje. Data collection techniques are library techniques and note-taking techniques. The data source of this research is the script of the drama Malam Jahanam by Motinggo Boesje. The data analysis technique is in the form of content analysis. Based on the results of the research, it can be concluded that: (1) the intrinsic elements of the drama script Malam Jahanam by Motinggo Boesje include six elements, namely (a) the theme: in the theme section there is a major theme which contains the twists and turns of domestic life and a minor theme which contains infidelity problems, pride problems and regret problems; (b) plot: forward plot; (c) characters and characterization: protagonist: Mat Kontan is an arrogant, timid, emotional, knowing character and Paijah's character has an anxious and disloyal character; antagonist character: soleman has a cowardly character, boasts, cares for paijah and the character utai has an obedient and ignorant character; triagonist character: masseurs have the character of always wanting to know something about a problem; (d) the setting is classified into three, the setting of the place: in the yard of the house and inside the house; time setting: night; setting: silent, scary, sad, and tense (stressing); (e) dialogue: Dialogue in the drama script Malam Jahanam contains dialogues that describe the character's traits, displays and enriches the plot, creates conflict between characters, presents facts needed to build drama and interactions between characters, and acts as a liaison between one scene and another. ; (f) message: we must be honest people because if we lie it can harm ourselves and others and we must not hide the lie because sooner or later the lie will be exposed too; (2) masculinity: Mat Kontan's character has nine personality traits of masculinity, namely: (a) having strong principles (b) caring for family (c) self-confidence, (d) not giving up. (e) have a wife or wife (e) temperament, (f) realistic, (g) ambitious, and (h) assertive; (3) the implementation plan of learning the script for the drama Malam Jahanam by Motinggo Boesje using the cooperative learning method

Kata kunci : maskulinitas, naskah drama dan RPP


Full Text:

PDF

References


Adelia dan Ririn Setyorini. 2019. “Maskulinitas Tokoh Nayla dalam Cerpen “Hangover” Karya Djenar Maesa Ayu”. [Online] Jurnal Bahtera: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, dan Budaya Jilid 06, No. 11, 459-467. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Beynon, John. 2002. Masculinities and Culture. Marston Book: Great Britain.

Kutha, Ratna Nyoman. 2004. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Puataka Belajar: Yogyakarta.

Mansour, Fakih.2013. Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Pustaka Belajar: Yogyakarta.

Purwanto, Joko. 2016. “Analisis Feminisme Dalam Naskah Drama Monolog Marsinah Menggugat Karya Ratna Sarumpaet”. Jurnal Bahtera jilid 03, No. 5, 122-132. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Purwanto, Joko. 2016. Drama seni Sastra dan Seni Pementasan.Magnum Pustaka Utama: Yogyakarta.

Stanton, Robert. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. Pustaka Pelajar Offset: Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sutopo. 2006. Metodologi penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Widyahening, Evy, Dkk. 2014. Kajian Drama Teori dan Implementasi. Surakarta: Cakrawala Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.