ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF PADA FILM MARTABAK BANGKA SUTRADARA EMAN PRADIPTA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk tindak tutur ekspresif dialog film Martabak Bangka sutradara Eman Pradipta; (2) rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Objek penelitian ini berupa tindak tutur direktif dalam film Martabak Bangka sutradara Eman Pradipta. Penelitian ini difokuskan pada analisis tindak tutur direktif dalam film Martabak Bangka sutradara Eman Pradipta dan rencana pelaksanaan pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data dalam penelitian ini adalah film Martabak Bangka. Dalam pengumpulan data ini menggunakan teknik simak dan catat. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) bentuk tindak tutur direktif yang terdapat dalam dialog film Martabak Bangka meliputi enam bentuk yaitu: sepuluh tindak tutur direktif perintah, duabelas tindak tutur direktif permintaan, enam tidak tutur direktif mengajak, sembilan tindak tutur direktif nasihat, tiga tindak tutur direktif menegur, dan dua tindak tutur direktif melarang; (2) rencana pelaksanaan pembelajaran tindak tutur direktif dalam dialog film Martabak Bangka di kelas XI SMA berdasarkan KD. 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama/film yang dibaca atau ditonton dengan menggunakan model Cooperative learning. Langkah-langkah pembelajarannya meliputi (a) guru memberikan materi; (b) guru menayangkan film Martabak Bangka; (c) peserta didik dibagi menjadi 4 kelompok atau menyesuaikan jumlah peserta didik; (d) secara bergantian peserta didik mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
Kata kunci: tindak tutur direktif, film, rencana pelaksanaan pembelajarannya.
Abstract: The objectives of this research are (1) to describe the form of directive speech actin dialogue of Martabak Bangka film directed by Eman Pradipta, and (2) to describe its lesson plan in eleventh-grade of senior high school. The object of this research is directive speech act in Martabak Bangka film directed by Eman Pradipta. This research is focused on the analysis of directive speech act Martabak Bangka film directed by Eman Pradipta and its lesson plan in eleventh-grade of senior high school. The data source is Martabak Bangka film. The data were collected by using observation method with uninvolved conversation observation technique. The instrument of this research was the researcher herself and analysis card. The data was analyzed by using identity method. The data were presented by using informal technique. It can be concluded that (1) there are six forms of directive speech act in Martabak Bangka film: (a) ten forms of commanding directive speech act, (b) twelve forms of requesting directive speech act, (c) six forms of inviting directive speech act, (d) nine forms of advising directive speech act, (e) three forms of reprimanding directive speech act, (f) two forms of forbidding directive speech act; (2) the lesson plan of directive speech act in dialogue of Martabak Bangka film based on KD. 3.19 analyzing content and language of drama/film read or watched using Cooperative Learning method with Student Team Achievement Divisions (STAD) type. The learning steps are (a) teacher provides the material; (b) teacher shows Martabak Bangka film; (c) students are divided into four groups or adjust the number of students; (d) students present their discussion result in front of the class.
Keyword: directive speech act, film, the lesson plan
Full Text:
PDFReferences
At-Tabany dkk, 2017. Desain Pengembangan Kurikulumn 2013 di Madrasah. Depok: Kencana.
Bagiya, 2017. Linguistik Umum. Yogyakarta: Jumat Publishing.
Chaer Abdul, 2014. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Li, Hasanah Diah, Bagiya, Faizah, Umi. 2019. “Tindak Tutur Direktif pada Retorika Dakwah Ustad Tengku Hanan Attaki Edisi Keajaiban Istigfar dan Rencana Pelaksanaannya di Kelas XI SMA”. Surya Bahtera. Vol 7. No 2, September 2019. Hal 1-9. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Pangesti, Azizah Diah, Bagiya, Kadaryati. 2019. “Analisis Tindak Tutur Direktif dan Ekspresif pada Film My Idiot Brother Karya Alyandra dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Surya Bahtera. Vol 7. No 2, September 2019. Hal 1-8. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Pertiwi, Lisa Dian, Fakhrudin, Muhammad, Bagiya. 2018. “Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Film Pertaruhan Sutradara Krishto Damar Alam dan Skenario Pembelajaran di Kelas XI SMK. Surya Bahtera. Vol 6, No 53 September 2018. Hal 1-10. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Prayitno, Joko Harun. 2011. Kesantunan Sosiopragmatik Studi Pemakaian Tindak Direktif di Kalangan Andik SD Berbudaya Jawa. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Rohmadi, Muhammad. 2017. Pragmatik Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma Anggota APPTI.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.
Trianton, Teguh. 2013. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Yule, George. 2014. Pragmatik(Terjemahan: Wahyuni). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.