ANALISIS TINDAK TUTUR ASERTIF DALAM NOVEL I AM SARAHZA KARYA HANUM SALSABIELA RAIS DAN RANGGA ALMAHENDRA DAN RENCANA PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk tindak tutur asertif yang terdapat dalam novel I Am Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra; (2) rencana pelaksanaan pembelajaran tindak tutur asertif dalam percakapan novel I Am Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra dengan rencana pelaksanaan pembelajarannya pada siswa kelas XI SMK. Objek penelitian adalah novel I Am Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Fokus penelitian ini adalah tindak tutur asertif pada novel I Am Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra dan rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas XI SMK. Sumber data penelitian ini adalah novel I Am Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Teknik Pengumpulan data diperoleh dengan teknik simak catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan menggunakan kertas pencatat data dan alat tulis Analisis data dengan menggunakan teknik daya pilah pragmatis yang alat penentunya mitra tutur. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: tuturan asertif pada novel I Am Sarahza karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra ditemukan 45 fungsi tuturan, yang terbagi menjadi tuturan menyatakan 9 tuturan, mengakui 5 tuturan, mengemukakan pendapat 7 tuturan, membual 3 tuturan, menuntut 5 tuturan, menunjukkan 6 tuturan, memberikan saksi 1 tuturan, dan memberitahukan 9 tuturan.
Kata kunci: Nilai Moral, Novel, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Azizah, Fitri, Bagiya, dan Suryo Daru Santoso. 2018. “Analisis Tindak Tutur Ilokusi dan Lokusi Film Surga Yang Tak Dirindukan Sutradara Kuntz Agus dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 6 No. 52 Hal. 335-339. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 10 Desember 2019.
Bagiya. 2017. LinguistikUmum. Yogyakarta: Jumat Publishing
Chaer, Abdul.2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim, Abdul syakur, dan Winarsih Suko. (2012). “Disorder Pragmatik Anak Tuna Rungu dalam Interaksi Pembelajaran di Kelas”. LITERA. Vol. 11 No. 2.Hal.184-184.https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/view/1058 .Diunduhpadatanggal 14 Mei 2020.
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsipPragmatik. (Terjemahan M.D.D. Oka). Jakarta: Universitas Indonesia Press (UI-Press).
Nilamsari, Laras, Sukirno, dan Bagiya. 2017. “Analisis Sosiologi Sastra Novel Ayah Menyayangi Tanpa Akhir karya Kirana Kejora dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XII SMA” Jurnal Surya Bahtera, Vol. 5 No. 49. Hal 787-727.www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 12 Desember 2019.
Nirwanti, Yuli, Bagiya, Nurul Setyorini. 2017. “Analisis Tindak Tutur Representatif dan Direktif pada Iklan Layanan Masyarakat pada Radio Fortuna Kutoarjo Periode Tahun 2012-2016 dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera Vol. 5 No. 45 Hal. 273-275. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 3 Mei 2020.
Nurgiyantoro. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: GadjahMada University press.
Pertiwi, Fakhrudin dan Bagiya. 2018. “Tindak Tutur Direktif dalam Film Pertaruhan Sutradara Krishto Damar Alam dan Skenario Pembelajaran Mendengarkan Kelas XI SMK” Jurnal Surya Bahtera, Vol. 3, No. 53. Hal 500-509. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 22 Oktober 2019.
Qodri, Bagiya dan Setyorini. 2018. “Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Novel Geranium Blossom Karya Wylvera Windayana dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XII SMA” Jurnal Surya Bahtera, Vol. 6, No. 50. Hal 1-6. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 22 Oktober 2019.
Rahmawati, Alviani, Bagiya, dan Faizah. (2018). “Analisis Tindak Tutur Ekspresif dan Komisif pada Film Cinta Suci Zahrana Sutradara Chaerul Umam dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA” Jurnal Surya Bahtera, Vol. 6 No. 51. Hal. 148-155. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 22 Oktober 2019.
Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIF Semarang Press.
Rais, Hanum Salsabela, Rangga Almahendra. 2018. “I Am Sarahza”. Jakarta: Republika Penertbit.
Saputri, Kurnia Eka, Bagiya, Joko Purwanto. 2018. “Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Novel Misteri Patung Garam Karya Ruwi Meita dan Pembelajarannya di SMA”. Jurnal Surya Bahtera Vol. 6 No. 50 Hal. 164-166. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 10 Desember 2019.
Setyaningrum, Bagiya, dan Faizah, 2019. “Analisis Nilai Pendidikan Karakter Novel Merindu Baginda Nabi Karya Habiburrahman El Shirazy”. Jurnal Surya Bahtera Vol. 7 No. 2 Hal.70-81. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 10 Desember 2019.
Shafitri, Yofa, Sukirno, Bagiya. 2017. “Tindak Tutur Ilokusi pada Film Dalam Mihrab Cinta Sutradara Habiburrahman El-Shirazy dan Relevansinya dengan Pembelajaran Menyimak dan Berbicara di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera Vol. 6 No. 51 Hal.164-166. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 10 Desember 2019.
Sugiyono. 2015. Memahami Penelitian Kualitatif .Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry G. 2015. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.
Tobibah, Asri, Sukirno, dan Bagiya. 2018. “Analisis Sosiologi Sastra Novel Rahasia Batik Berdarah Karya Leikha Ha dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dengan Metode Two Stay Two Stray di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 6 No. 50. Hal. 1-8. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 21 Oktober 2019.
Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi.
Yule, George. 2006. Pragmatik, (Terjemahan dari Indah Fajar Wahyuni).Yogyakarta: PustakaPelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.