Analisis Tindak Tutur Ekspresif pada Film Dancing In The Rain Sutradara Rudi Aryanto dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XI SMA

Sefy Selma Anggraini, Bagiya Bagiya, Joko Purwanto

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk tindak tutur ekspresif dan (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di kelas XI SMA. Objek penelitian ini berupa tindak tutur ekspresif. Teknik SBLC dan teknik catat merupakan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) bentuk tindak tutur ekspresif dalam film Dancing In The Rain  sutradara Rudi Aryanto terdiri dari: (a) memaafkan berjumlah 3 data, (b) memuji berjumlah 11 data, (c) mengucapkan terima kasih berjumlah 16 data, (d) mengkritik berjumlah 5 data, (e) mengeluh berjumlah 10 data, (f) menyalahkan berjumlah 22 data, (g) mengucapkan selamat berjumlah 2 data, dan (h) menyanjung berjumlah 4 data; 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disesuaikan pada KD 3.19 Menganalisis isi dan kebahasaan pada film atau drama yang dibaca atau ditonton diterapkan di kelas XI SMA dengan menggunakan model NHT (Number Head Together). Kegiatan pembelajarannya meliputi: (a) pendidik membagi kelompok dan memberi nomor 1-5, (b) pendidik bertanya tentang suatu masalah yang berkaitan dengan film maupun tindak tutur, (c) peserta didik berdiskusi dan berpikir bersama, dan (d) pendidik memanggil satu nomor dan peserta didik yang nomornya sesuai segera menjawab pertanyaan pendidik.

Kata Kunci : tindak tutur ekspresif, film, rencana pelaksanaan pembelajaran

Abstract: This study aims to describe: (1) the form of expressive speech acts and (2) the lesson plan in class XI SMA. The object of the research is expressive speech acts. SBLC technique and note-taking technique are techniques used to collecting the data. The results of the study concluded that: 1) the form of expressive speech acts in the film Dancing In The Rain by director Rudi Aryanto consists of: (a) fogiving 3 data, (b) praising 11 data, (c) saying to thank you 16 data, (d) criticizing 5 data, (e) complaining of 10 data, (f) blaming 22 data, (g) congratulating 2 data, and (h) flattering 4 data; 2) The lesson plan adjusted to KD 3.19 Analyzing the content ang language of the film or drama who read or watched applied in class XI SMA using the NHT (Number Head Together) model. Learning activities include: (a) educators divide groups and give numbers 1-5, (b) educators ask questions about a problem relate to films and speech act, (c) student discuss and think together, and (d) educators call one numbers and student whose numbers match immediately answer educator questions.

Keywoards: expressive speech acts, film, lessons plans

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2014. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Fatimah, Khusnul., Bagiya, dan Kadaryati. 2018. “Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Dialog Film Bidadari-Bidadari Surga Sutradara Sony Gaokasak dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Volume 6 No 51. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Hermaji, Bowo. 2019. Teori Pragmatik. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Lestari, Wafa Nisa., Bagiya, dan Suryo Daru Santoso. 2018. “Analisis Tindak Tutur Ekspresif dan Deklaratif pada Film Negeri Van Orange Sutradara Endri Pelita dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Vol 6 No 52. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Lidiyaningsih, Listiva.,Bagiya, dan Kadaryati. 2018. “Analisis Kohesi dan Wacana Berita Line Today Dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Volume 6 No 50. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Maryamah, Siti., Bagiya, dan Umi Faizah. 2018. “Analisis Tindak Tutur Direktif pada Dialog Film Aku, Kau Dan KUA Sutradara Monty Tiwa dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Vol 6 No 54. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Muhammad. 2016. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pangesti, Azizah Diah., Bagiya, dan Kadaryati. 2019. “Analisis Tindak Tutur Direktif dan Ekspresif pada Film My Idiot Brother Karya Alyandra dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Vol 7 No 2. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Rohmadi, Muhammad. 2017. Pragmatik: Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang Press.

Saputri, Kurnia Eka., Bagiya, dan Joko Purwanto. 2018. “Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Novel Misteri Patung Garam Karya Ruwi Meita dan Pembelajarannya di SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Volume 6 No 50. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa.

Trianton, Teguh. 2013. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta. Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.