ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL REGUL DARI BUKIT MENOREH KARYA HERRY W. NUGROHO DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANYA DI SMA

Wahyu Yazid Rizquna, Bagiya Bagiya, Nurul Setyorini

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Regul dari Bukit Menoreh Karya Herry W. Nugroho, (2) nilai-nilai moral, (3) kebahasaan novel, dan (4) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskrpsi kualitatif. Sumber data berupa novel Regul dari Bukit Menoreh Karya Herry W. Nugroho. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai unsur utama dibantu dengan alat kartu pencatat data dan alat tulisnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka dan teknik catat. Dalam analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik content analysis (analisis isi). Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan dengan teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) unsur intrinsik novel Regul dari Bukit Menoreh Karya Herry W. Nugroho terdiri dari: tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandan, dan amanat; (2) nilai-nilai moral novel Regul dari Bukit Menoreh Karya Herry W. Nugroho mencangkup tiga aspek, yaitu hubungan manusia dengan diri sendiri, nilai moral hubungan manusia dengan orang lain, dan nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan-Nya; (3) kebahasaan novel terdiri dari: ungkapan, majas, dan peribahasa, (4) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Regul dari Bukit Menoreh Karya Herry W. Nugroho dilaksanakan di SMA dengan KD 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Metode yang digunakan adalah metode inkuiri berbasis pendekatan saintifik. Kegiatan pembelajaran meliputi: tahap pendahuluan, tahap inti, dan tahap penutup.

 

Kata kunci: Nilai Moral, Novel, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.

Abstract: This study aims to describe: (1) the intrinsic elements novel of Regul dari Bukit Menoreh Herry W. Nugroho by Herry W. Nugroho, (2) moral values, (3) novel languages, and (4) lesson plans in high school. This research is a qualitative descriptive study. The data source is the novel Regul dari Bukit Menoreh by Herry W. Nugroho. The research instrument was the researcher as the main element assisted by a data recording card and writing instruments. The data collection technique is done by using literature study and note taking technique. In data analysis, it was done using techniques content analysis . The technique of presenting the results of data analysis is carried out by using informal presentation techniques. Based on the results of the study, it can be concluded that: (1) the intrinsic elements novel of Regul dari Menoreh Herry W. Nugroho consist of: themes, characters and characterizations, plot, setting, pandanus angle, and mandate; (2) the moral values of the novel Regul dari Bukit Menoreh by Herry W. Nugroho covering three aspects, namely the human relationship with oneself, the moral value of human relations with others, and the moral value of the relationship between humans and God; (3) the language of the novel consists of: phrases, figures of speech, and proverbs, (4) the plan for implementing the learning process for the novel  Regul dari Bukit Menoreh by Herry W. Nugroho is carried out in SMA with KD 3.9 to analyze the contents and language of the novel. The method used is an inquiry method based on a scientific approach. Learning activities include: the preliminary stage, the core stage, and the closing stage.

Keywords: Moral Value, Novel, Lesson Plan.


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad Daud. 2018. Pendidikan Agama Islam. Depok: Rajawali Pers.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ginanjar, Nurhayati. 2012. Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Cakrawala Media.

Ismawati, Esti. 2013. Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Ombak.

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Purwanto, Joko. 2016. Drama Seni Sastra dan Seni Pementasan. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Ratna, Nyoman Kutha. 2018. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setyorini, Nurul dan Sukirno. 2019. “ Nilai Moral Lingkungan Hidup dalam Cerita Rakyat Nusantara”. Bahtera, volume 06 / Nomor 11 / Maret 2019, pp: 519-526.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Prees.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyani, Diyah, Bagiya, Umi Faizah (2017) “Nilai Moral Novel Ayah karya Andrea Hirata dan skenario pembelajaran di kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, 5 (44), 446-452. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sukirno. 2016. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Kencana.

Wicaksono, Bangun, Bagiya, dan Joko Purwanto. 2017. “Nilai Pendidikan Novel Bintang pun Bertasbih Karya Eko Hartono dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaranya di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Vol. 5, No. 46, hlm, 305-309. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Wulandari, Lestiana, Bagiya, Nurul Setyorini (2017) “Analisis Nilai Moral Novel Antara Cinta Dan Ridha Ummi Karya Asma Nadia dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, 5 ( 44), 19-25. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Zuriah, Nurul. 2015. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Bumi Aksara: Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.