Analisis Perubahan Makna Program Acara Mata Najwa "Ujian Reformasi" dan Relevansinya Pembelajaran Mendengarkan Debat di Kelas X SMA

Feba Ayuningtiyas, Bagiya Bagiya, Umi Faizah

Abstract


 Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) macam-macam jenis perubahan makna dalam program acara Mata Najwa “Ujian Reformasi; (2) relevansi pembelajaran perubahan makna sebagai bahan pembelajaran keterampilan mendengarkan dalam program acara Mata Najwa “Ujian Reformasi” di kelas X SMA; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran debat dalam program acara Mata Najwa “Ujian Reformasi” di kelas X SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah program acara Mata Najwa “Ujian Reformasi”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap (SLBC). Metode padan digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pada program acara Mata Najwa “Ujian Reformasi” terdapat (1) macam-macam perubahan makna yang ditemukan oleh penulis meliputi: perubahan makna meluas ditemukan 11, perubahan makna total ditemukan 2, perubahan makna penghalusan ditemukan 3, dan perubahan makna pengasaran ditemukan 14. Jadi, keselurahan program acara Mata Najwa “Ujian Reformasi” yang mengalami perubahan makna sebanyak 30;  (2) relevansi perubahan makna program acara Mata Najwa “Ujian Reformasi” yang dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran keterampilan mendengarkan debat di kelas X SMA meliputi: (a) mendengarkan untuk belajar, (b) mendengarkan untuk mengapresiasi, (c) mendengarkan untuk mengevaluasi; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran debat dalam program acara Mata Najwa “Ujian Reformasi” di kelas X SMA disesuaikan dengan KD 3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan simpulan). Pembelajaran dilaksanakan dengan metode inkuiri, diskusi, dan tanya jawab. Model yang digunakan adalah jigsaw.

 

 

Kata kunci : perubahan makna, program Mata Najwa, dan rencana pelaksanaan pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Afifah, Riya Satul. 2019. “Kajian Semantik pada Poster Bertema Pendidikan di MA dan MAN Kabupaten Purworejo dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2018. Kamus besar bahasa Indonesia Edisi Kelima. Jakarta: PT Balai Pustaka (Persero).

Bagiya. 2017. Linguistik Umum. Yogyakarta: Media Perkasa.

Chaer, Abdul. 2013. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Faizah, Umi. 2016. Pengantar Keterampilan Berbicara Berbasis Cooperative Learning Think Pair Share. Yogyakarta: Media Perkasa.

Hidayah, Restu Ulfa. 2019. “Kajian Semantik Perubahan Makna Slogan Iklan Makanan dan Minuman Produk Wings Food di Televisi dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mujiono, Sholeh, Bagiya. 2017. “Analisis Bahasa Kiasan Novel Ayahku (Bukan) Pembohong Karya Tere Liye dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera. Vol. 5, No 48. www.umpwr.ac.id. Diunduh pada tanggal 10 Desember 2019.

Saputri, Eri Endah. 2016. “Perubahan Makna dalam Karangan Narasi Siswa Kelas X SMA Negeri I Geyer Tahun Pelajaran 2015/2016”. Diperoleh dari http://eprints.ums.ac.id/45248/42/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf. Diunduh pada tanggal 20 Januari 2020.

Sari, Ambar Wulan. 2016. “Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi Yang Efektif”. Diperoleh dari https://media.neliti.com/media/publications/54775-ID-pentingnya-ketrampilan-mendengar-dalam-m.pdf. Diunduh pada tanggal 29 Juli 2020.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwandi, Sarwiji. 2013. Semantik Pengantar Kajian Makna. Yogyakarta: Media Perkasa.

Ullmann, Stephen. 2014. Pengantar Semantik. Yogyakarta: Pusta Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.