ANALISIS TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM FILM KELUARGA CEMARA SUTRADARA YANDY LAURENS DAN RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Kharisma Annisa Febriani, Bagiya Bagiya, Joko Purwanto

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) bentuk tindak tutur direktif yang ada dalam filmKeluarga Cemara sutradara Yandy Laurens dan (2) rencana pelaksanaan pembelajan mendengarkan pada kd. 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca/ditonton menggunakan Film Keluarga Cemara Sutradara Yandy Laurens.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Sumber data penelitian ini berupa tindak tutur direktif pada Film Keluarga Cemara Sutradara Yandy Laurens. Objek penelitian ini adalah tindak tutur direktif.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas libat cakap.Instrumen yang digunakan adalah penulis sendiri sebagai instrumen utama dibantu dengan alat pencatat data.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik daya pilah pragmatik.Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) jenis permintaan sebanyak 7 tuturan, yang terdiri dari fungsi meminta 5 tuturan, menekan 1 tuturan, dan memohon 1 tuturan; (2) jenis pertanyaan sebanyak 9 tuturan, yang terdiri dari fungsi bertanya 7 dan fungsi menginterogasi 2; (3) jenis perintah sebanyak 3 tuturan yang terdiri dari fungsi memerintah; (4) jenis melarang sebanyak 1 tuturan terdiri dari fungsi melarang; (5) jenis pemberian izin sebanyak 3 tuturan yang terdiri dari fungsi memaafkan (2) dan fungsi membolehkan 1; (6) jenis nasihat sebanyak 4 tuturan yang terdiri dari fungsi menasihati 2 tuturan dan menyarankan 2 tuturan; (2) Rencana pelaksanaan pembelajaran mendengarkan pada Kd 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan drama/film yang dibaca atau ditonton menggunakan film Keluarga Cemara Sutradara Yandy Laurens di kelas XI SMA, meliputi: (a) peserta didik mengamati materi mengenai tindak tutur direktif tuturan langsung dan tidak langsung yang disampaikan oleh pendidik; (b) peserta didik mendengarkan tuturan yang terdapat dalam film Keluarga Cemara sutradara Yandy Laurens; (c) peserta didik bertanya pada pendidik mengenai materi yang belum dipahami; (d) peserta didik mendiskusikan informasi yang diperoleh mengenai tindak tutur direktif tuturan langsung dan tidak langsung berdasarkan jenis dan fungsinya yang terdapat dalam film Keluarga Cemara sutradara Yandy Laurens; (e) peserta didik menulis dan menyiapkan hasil diskusi; (f) peserta didik mempresentasikan hasil diskusi; dan (g) peserta didik dibantu oleh pendidik untuk membuat kesimpulan tentang tentang tindak tutur direktif tuturan langsung dan tidak langsung dan penguatan untuk melakukan penerapan penggunaan tindak tutur direktif tuturan langsung dan tidak langsung dengan memperhatikan konteks tuturan.

 

Kata Kunci: tindak tutur direktif, film, rencana pelaksanaan pembelajaran

 

Abstract: The purpose of this study is to describe (1) the form of directive speech acts in the movie of Keluarga Cemara directed by Yandy Laurens and (2) learning implementation plan on kd. 3.19 to analyze the content and language of the drama read / watched by using the movie of Keluarga Cemara directed Yandy Laurens. This research is a qualitative descriptive study. The data source of this research is in the form of directive speech acts on the movie of Keluarga Cemara directed by Yandy Laurens. The object of this research is directive speech acts. The data collection technique used is the technique of listening without speaking.The instrument used in this research is the author himself as the main instrument assisted by data recording device. The data analysis technique used is the pragmatic sorting technique. The results of data analysis are presented using informal techniques. From this study it is concluded that (1) there were 7 types of requests, consisting of the functions of requesting 5 utterances, pressing 1 speech, and requesting 1 speech; (2) there are 9 types of questions, consisting of a questioning function 7 and an interrogating function 2; (3) 3 types of commands consisting of a commanding function; (4) the type of prohibiting as many as 1 utterance consists of the function of prohibiting; (5) types of permission granting consisted of 3 utterances consisting of the function of forgiving (2) and the function of allowing 1; (6) 4 types of advice consisting of the function of advising 2 speeches and suggesting 2 speeches; (2) The plan for implementing listening learning at Kd 3.19 analyzes the content and language of the drama / movie that is read or watched using the film Keluarga Cemara Directed by Yandy Laurens on second grade high school students; including: (a) students observe the material regarding direct and indirect speech acts delivered by the educator; (b) students listen to the speech contained in the movie of Keluarga Cemara directed by Yandy Laurens; (c) students ask educators about material that has not been understood; (d) students discuss the information obtained about direct and indirect speech acts based on the types and functions of the movie Keluarga Cemara, directed by Yandy Laurens; (e) students write and prepare the results of the discussion; (f) students present the results of the discussion; and (g) students are assisted by educators to make conclusions about direct and indirect speech acts and reinforcement to implement the use of direct and indirect speech acts by paying attention to the context of the speech.

 

Keywords: directive speech act, film, lesson plan

 


Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2014. “Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif, Dan Kontekstual.” Jakarta: Pernadamedia Grup.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim,Abd.Syukur. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya : Usaha Nasional.

Pertiwi,Lisa Dian, Mohammad Fakhrudin, dan Bagiya. 2018. “Analisis Tindak

Tutur Direktif dalam FilmPertaruhan Sutradara Krishto Damar Alam dan Skenario Pembelajaran Mendengarkan Kelas XI SMK.” Jurnal Surya Bahtera, 6 (53) 502-504.

Progresif, Dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Ambarwati, Tri, Bagiya, Umi Faizah.2019. “Analisis Tindak Tutur

Direktif pada Film Surat Cinta Untuk Kartini Sutradara Azhar Kinoi Lubis

dan SkenarioPembelajarannya di Kelas XI SMA” Jurnal Surya Bahtera, 7

(2) 182

Rachmawati, Desty, Bagiya, Umi Faizah. 2019. “Analisis Tindak Tutur dalam

Naskah Drama Nyonya-Nyonya karya Wisran Hadi dan Skenario

Pembelajarannya di Kelas XI SMA.” Jurnal Surya Bahtera, 7 (2) 102-106

Saputri, Kurnia Eka, Bagiya, dan Joko Purwanto. 2018. “Analisis Tindak Tutur

Direktif dalam Novel Misteri Patung Garam karya Ruwi Meita dan Pembelajarannya di SMA.”Jurnal Surya Bahtera, 6 (50)

Sudaryanto, 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistik. Yogyakarta: Duta

Wacana University Press.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Trianton, Teguh. 2013. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.