ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL GITA DONYA KARYA DHAMA DOVE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYADI KELAS XI SMA

Ahmad Gusoli

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) unsur intrin­sik novelGita Donya karya Dhama Dove; (2) nilai Sosiologi Sastra novelGita Donya karya Dhama Dove; dan (3) skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif. Sumber data berupa novelGita Donya karya Dhama Dove. Dalam pengumpulan data digunakan teknik baca dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik penyajian informal. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Gita Donya, yaitu (a) tema mayor: perjuangan seorang perempuan dalam menghadapi cobaan hidup; dan tema minor: masalah perbedaan prinsip, masalah konflik batin, masalah kehidupan keluarga, dan masalah percintaan; (b) tokoh dan penokohan, tokoh utama; Mayang (pemberani, tanggungjawab, penyayang, ulet, taat dan patuh), Eros (pantang menyerah, penyayang, keras kepala) dan Arung (kasar, penyayang dan egois), sedangkan tokoh tambahan dan penokohannya adalah Keysha (baik hati dan suka menolong sesama); (c) alur yang digunakan adalah alur; maju, (d) latar dibagi menjadi 3, yaitu latar tempat: Karangkobar Banjarnegara, ruang kerja, kafe, rumah, kamar mbah Gincu, kamar;  latar waktu: pagi hari dan malam hari; latar sosial dan suasana: kehidupan mewah, seorang penulis produktif, sedih, senang, dan tegang; (e) sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang persona pertama “aku” sebagai pelaku utama; (f) amanat: sebagai seseorang harus selalu bersabar dalam menghadapi cobaan hidup; (2) nilai sosiologi sastranya, terdiri dari (a) nilai kasih sayang meliputi: cinta kasih, pengabdian, tolong-menolong, kekeluargaan, dan kepedulian; (b) nilai tanggungjawab meliputi: rasa menerima, kewajiban dan disiplin; (c) nilai keserasian hidup meliputi: keadilan, toleransi dan kerjasama; (3) skenario pembelajaran novel Gita Donyadi kelas XI SMA dengan menggunakan KD 3.20 menganalisis pesan dari dua buku fiksi. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode: cooperative learning (ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas). Kegiatan pembelajaran meliputi: mengamati, mempertanyakan, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan. Langkah-langkah pembelajaran: peserta didik mencermati pemberian materi dari guru, selanjutnya peserta didik berdiskusi dan mengamati novel Gita Donya karya Dhama Dove untuk mencari unsur intrinsik, makna dalam novel dan unsur ekstrinsik, kemudian mempresentasikan hasil diskusinya, masing-masing peserta didik memberikan koreksi terhadap hasil analisisnya dan guru mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan.

 

Kata kunci: nilai sosiologi sastra, novel dan skenario pembelajaran

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Damono, Sapardi Djoko. 1979. Sosiologi Sastra sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Depdikbud.

Dove, Dhama. 2017. Gita Donya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Nurcahyo, Alif, Bagiya, Santoso, S.D. 2018. “Analisis Nilai Sosiologi Sastra dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMA Kelas XII”. Jurnal Surya Bahtera Vol. 3 No. 27 Hal. 1-10. Universitas Muhammadiyah Purworejo

Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Ratna, Nyoman Kutha. 2012. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rosdiana, Lia, Sukirno, Bagiya. 2019. “Analisis Aspek Sosiologi Sastra Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMA”. Jurnal Surya Bahtera Vol. 6 No. 53. Hal. 491-499. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Stanton, Robert. 2012.Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tobibah, Asri, Sukirno, Bagiya. 2018. “Analisis Sosiologi Sastra Novel Rahasia Batik Berdarah KaryaLeikha Ha dan Pelaksanaan Pembelajarannya dengan Metode Two Stay Two Stray di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera Vol. 6 No. 50. Hal. 1-8. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Zubaedi. 2005. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.