PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA PADA FILM KOKI-KOKI CILIK SUTRADARA IFA ISFANSYAH DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Kintan Septa Cahyani

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) bentuk pelanggaran prinsip kerja sama pada film Koki-koki Cilik sutradara Ifa Isfansyah; dan (2) rencana pelaksanaan pembelajarannya di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah film Koki-koki Cilik sutradara Ifa Isfansyah. Objek penelitian berupa bentuk pelanggaran prinsip kerja sama dalam tuturan para tokoh pada film Koki-koki Cilik sutradara Ifa Isfansyah. Dalam pengumpulan data digunakan teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan data dan pembahasannya, disimpulkan bahwa (1) bentuk pelanggaran prinsip kerja sama pada film Koki-koki Cilik sutradara Ifa Isfansyah terdiri dari: pelanggaran maksim kuantitas terdapat 22 data, pelanggaran maksim kualitas terdapat 5 data, pelanggaran maksim relevansi terdapat 34 data, dan pelanggaran maksim cara terdapat 1 data. Jumlah semua bentuk pelanggaran prinsip kerja sama sebanyak 62 data. Pelanggaran prinsip kerja sama yang paling banyak adalah pelanggaran maksim relevansi dan pelanggaran prinsip kerja sama yang paling sedikit adalah pelanggaran maksim cara; dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran teks negosiasi berbasis film Koki-koki Cilik sutradara Ifa Isfansyah pada siswa SMA dilakukan dengan model pembelajaran discovery learning. RPP ini disesuaikan dengan KD. 3.10. Menganalisis pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan lisan maupun tertulis, 4.10. Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan secara lisan atau tulis, 3.11. Mengevaluasi isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan, dan KD 4.11. Mengonstruksikan teks negosiasi berkaitan dengan bidang pekerjaan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. Langkah-langkah pembelajaran diantaranya: siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok yang terdiri dari empat sampai lima orang, siswa diberikan kesempatan mencari materi sesuai dengan kompetensi dasar pembelajaran yang berupa teori pelanggaran prinsip kerja sama dan teks negosiasi, siswa mendiskusikan hasil pencarian materinya lalu mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas, kelompok yang lain memberikan tanggapan atau pertanyaan terkait hasil diskusi kelompok yang sedang presentasi.

Kata kunci: pelanggaran, prinsip kerja sama, film, RPP.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Bagiya, Hidayatul, dan Mukaromah. 2013. “Analisis Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Prinsip Kesopanan dalam Kolom Sing Lucu pada Majalah Panjebar Semangat Edisi Februari-Juni Tahun 2012”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 3 No. 6. Hlm 30-35. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 24 Oktober2019.

Chaer, Abdul. 2017. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatimah, Bagiya, dan Kadaryati. 2018. “Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Dialog Film Bidadari-bidadari Surga Sutradara Sony Gaokasak dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 6 No. 51. Hlm 245-251. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 15 Oktober 2019.

Nur K., Kadaryati, dan Joko Purwanto. 2018. “Kajian Dekonstruksi Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 6 No. 54. Hlm 601-611. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 18 Oktober 2019.

Safitri, Sukirno, dan Bagiya. 2017. “Tindak Tutur Ilokusi pada Dialog Film Dalam Mihrab Cinta Sutradara Habiburrahman El-Shirazy dan Relevansinya dengan Pembelajaran Menyimak dan Berbicara di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 5 No. 46. Hlm 431-438. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 15 Oktober2019.

Saputri, Bagiya, dan Joko Purwanto. 2018. “Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Novel Misteri Patung Garam Karya Ruwi Meita dan Pembelajarannya di SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 6 No. 50. Hlm 31-40. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 13 Oktober2019.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukirno. 2016. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Yogyakarta: Percetakan PUSTAKA PELAJAR.

Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIP Semarang Press.

Yule, George. 2014. Pragmatik. (Terjemahan: Indah Fajar Wahyuni). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, Bagiya, dan Suryo Daru Santoso. 2015. “Analisis Tokoh Utama dan Nilai Moral dalam Novel Canting Karya Arswendo Atmowiloto dan Skenario Pembelajaran di SMK”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 5 No. 49. www.suryabahteraumpwr. Diunduh pada tanggal 17 Oktober 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.