ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA NOVEL ASSALAMUALAIKUM CALON IMAM KARYA IMA MADANIAH DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE KUANTUM DI SMA
Abstract
Abstrak: Penelitianinibertujuan untukmendeskripsikan: (1)unsurintrinsik; (2) aspekkebahasaan; (3)aspekpsikologi sastratokohutama; (4)rencana pelaksanaanpembelajaran novel AssalamualaikumCalonImamkarya Ima MadaniahdenganmetodekuantumdikelasXIISMA. Penelitianinitermasuk jenispenelitian deskriptif kualitatif.Fokuspenelitianini, ialah: unsur intrinsik; aspekkebahasaan;aspekpsikologi sastratokohutamadenganteori fakulti yang dikemukakan oleh Daradjat.Pengumpulandatadilakukan dengan teknikpustaka dan teknik catat. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utamadibantu dengan kartu pencatatdan alattulis.Dalamanalisisdata digunakan metode analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal.Berdasarkanhasil penelitian, dapatdisimpulkanbahwa:(1)unsur intrinsik meliputi (a) tema: perjalanan tokoh remaja muslimah untuk menemukancalonimamterbaiknya,(b)tokohdibagi menjadi dua, yaitu tokoh utama: Nafisya(rajinberibadahdanpeduli)danAlif(penyayangdancerdas), tokoh tambahan:Abi, Ummi, kakSalsya, JidanRamdhani, (c)alur:alur maju, (d) latar meliputi latar tempat: rumah Nafisya, dapur, latar waktu: pagi, siang, malamhari, danlatarsuasana:menyedihkan, menegangkan,danmem- bahagiakan, (e)sudutpandang:personaketigaserbatahu, (f)amanat:hidupitu pilihan tanpabisamemilihapayangtelahAllahpilihkan, tapipercayalahyang Allahpilihadalahbagianpaling indah; (2)aspekkebahasaanmeliputi: (a) ungkapan, (b)peribahasa:perumpamaan,(c)majasmeliputi:hiperbola,meta- fora,paradok, perumpamaan;(3)aspekkebutuhanpsikologi sastratokohutama meliputi:(a)kebutuhanakanrasakasihsayang,(b)kebutuhanakanrasaaman, (c) kebutuhanakanrasahargadiri, (d) kebutuhanakanrasabebas, (e)kebutuhan akanrasasukses, (f)kebutuhanakanrasaingintahu(mengenal); (4)rencana pelaksanaanpembelajaranpadasiswakelasXII di SMAberdasarkanK.D3.9 menganalisisisi dan kebahasaannovel.Metodeyangdigunakanadalahmetode kuantumdenganmenggunakanenamlangkahpokokyangdikenal denganistilah TANDUR,yaitu:tumbuhkan,alami,namai,demonstrasikan,ulangi,danrayakan.
Kata kunci:aspekpsikologi,aspek kebahasaan,rencana pelaksanaanpembelajar- ankuantumTANDUR
ANALISISPSIKOLOGISASTRATOKOHUTAMANOVELASSALAMUALAIKUMCALONIMAMKARYA IMAMADANIAH DANRENCANAPELAKSANAANPEMBELAJARANNYA DENGANMETODEKUANTUMDI SMA
Full Text:
XMLReferences
DAFTAR PUSTAKA
Agustiningsih, Kadaryati, Bagiya. 2015 “Analisis Psikologi Tokoh Utama Wanita Novel Cahaya Cinta Pesantren Karya Ira Madan dan Skenario Pem- belajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 3, No. 31 hlm 1-
Universitas Muhammadiyah Purworejo. Diakses pada tanggal 1
Desember 2018 pukul 20.05 WIB.
Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Hamid, Bagiya. 2014 “Analisis Psikologi Bawah Sadar Novel Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol 2, No 17 hlm 1-8. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Diakses pada 10 Januari 2019 pukul 20.00 WIB.
Nurhayati. 2012. Pengantar Ringkas Teori Sastra.Yogyakarta: Media Perkasa. Jalaluddin. 2016. Psikologi Agama. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Pertiwi, Sukirno, Nurul. 2017 “Analisis Psikologi Sastra Tokoh Utama Novel
Gelisah Camar Terbang Karya Gol A Gong dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 5, No. 49 hlm 1-7. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Diakses pada tanggal 2 Desember
pukul 09.00 WIB.
Prastowo, Andi. 2016. Memahami Metode-Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Purwanto, Joko. 2017. Pengantar Teori Pengkajian Sastra. Sragen: Joysmart
Publisher.
Setianis, Bagiya. 2015 “Analisis Psikologi Tokoh Utama pada Novel Musyahid Cinta Karya Aguk Irawan MN dan Skenario Pembelajarannya di SMA. Jurnal Surya Bahtera. Vol 3, No. 25 hlm 1-8. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Diakses pada 3 Desember 2018 pukul 08.00 WIB.
Sukirno. 2015. Membaca Pemahaman yang Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wakhyuningsih, Sukirno, Umi. 2018 “Analisis Psikologi Sastra Tokoh Utama Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di SMA.” Jurnal Surya Bahtera. Vol 6, No. 52 hlm 1-8. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Diakses pada 9 Juli 2019 pukul
00 WIB.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.