ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA NOVEL ASSALAMUALAIKUM CALON IMAM KARYA IMA MADANIAH DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE KUANTUM DI SMA

Siti Rovingatul Mukarromah

Abstract


Abstrak: Penelitianinibertujuan untukmendeskripsikan: (1)unsurintrinsik; (2) aspekkebahasaan; (3)aspekpsikologi sastratokohutama; (4)rencana pelaksanaanpembelajaran novel AssalamualaikumCalonImamkarya Ima MadaniahdenganmetodekuantumdikelasXIISMA.  Penelitianinitermasuk jenispenelitian deskriptif kualitatif.Fokuspenelitianini, ialah: unsur intrinsik; aspekkebahasaan;aspekpsikologi sastratokohutamadenganteori fakulti yang dikemukakan oleh Daradjat.Pengumpulandatadilakukan dengan teknikpustaka dan  teknik  catat.  Instrumen  penelitian  ini  adalah  peneliti  sebagai  instrumen utamadibantu dengan kartu pencatatdan alattulis.Dalamanalisisdata digunakan  metode  analisis  isi.  Hasil  analisis  data  disajikan  dengan  teknik informal.Berdasarkanhasil penelitian, dapatdisimpulkanbahwa:(1)unsur intrinsik   meliputi   (a)   tema:   perjalanan   tokoh   remaja   muslimah   untuk menemukancalonimamterbaiknya,(b)tokohdibagi menjadi dua, yaitu tokoh utama: Nafisya(rajinberibadahdanpeduli)danAlif(penyayangdancerdas), tokoh tambahan:Abi, Ummi, kakSalsya, JidanRamdhani, (c)alur:alur maju, (d) latar  meliputi  latar  tempat:  rumah  Nafisya,  dapur,  latar  waktu:  pagi,  siang, malamhari, danlatarsuasana:menyedihkan, menegangkan,danmem- bahagiakan, (e)sudutpandang:personaketigaserbatahu, (f)amanat:hidupitu pilihan tanpabisamemilihapayangtelahAllahpilihkan, tapipercayalahyang Allahpilihadalahbagianpaling   indah; (2)aspekkebahasaanmeliputi: (a) ungkapan, (b)peribahasa:perumpamaan,(c)majasmeliputi:hiperbola,meta- fora,paradok, perumpamaan;(3)aspekkebutuhanpsikologi sastratokohutama meliputi:(a)kebutuhanakanrasakasihsayang,(b)kebutuhanakanrasaaman, (c) kebutuhanakanrasahargadiri, (d) kebutuhanakanrasabebas, (e)kebutuhan akanrasasukses, (f)kebutuhanakanrasaingintahu(mengenal); (4)rencana pelaksanaanpembelajaranpadasiswakelasXII di SMAberdasarkanK.D3.9 menganalisisisi dan kebahasaannovel.Metodeyangdigunakanadalahmetode kuantumdenganmenggunakanenamlangkahpokokyangdikenal denganistilah TANDUR,yaitu:tumbuhkan,alami,namai,demonstrasikan,ulangi,danrayakan.

 

Kata kunci:aspekpsikologi,aspek kebahasaan,rencana pelaksanaanpembelajar- ankuantumTANDUR

ANALISISPSIKOLOGISASTRATOKOHUTAMANOVELASSALAMUALAIKUMCALONIMAMKARYA  IMAMADANIAH DANRENCANAPELAKSANAANPEMBELAJARANNYA DENGANMETODEKUANTUMDI SMA


Full Text:

XML

References


DAFTAR PUSTAKA

Agustiningsih, Kadaryati, Bagiya. 2015 “Analisis Psikologi Tokoh Utama Wanita Novel Cahaya Cinta Pesantren Karya Ira Madan dan Skenario Pem- belajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 3, No. 31 hlm 1-

Universitas Muhammadiyah Purworejo. Diakses pada tanggal 1

Desember 2018 pukul 20.05 WIB.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Hamid, Bagiya. 2014 “Analisis Psikologi Bawah Sadar Novel Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol 2, No 17 hlm 1-8. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Diakses pada 10 Januari 2019 pukul 20.00 WIB.

Nurhayati. 2012. Pengantar Ringkas Teori Sastra.Yogyakarta: Media Perkasa. Jalaluddin. 2016. Psikologi Agama. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Pertiwi, Sukirno, Nurul. 2017 “Analisis Psikologi Sastra Tokoh Utama Novel

Gelisah Camar Terbang Karya Gol A Gong dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 5, No. 49 hlm 1-7. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Diakses pada tanggal 2 Desember

pukul 09.00 WIB.

Prastowo, Andi. 2016. Memahami Metode-Metode Penelitian. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.

Purwanto, Joko. 2017. Pengantar Teori Pengkajian Sastra. Sragen: Joysmart

Publisher.

Setianis, Bagiya. 2015 “Analisis Psikologi Tokoh Utama pada Novel Musyahid Cinta Karya Aguk Irawan MN dan Skenario Pembelajarannya di SMA. Jurnal Surya Bahtera. Vol 3, No. 25 hlm 1-8. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Diakses pada 3 Desember 2018 pukul 08.00 WIB.

Sukirno. 2015. Membaca Pemahaman yang Efektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wakhyuningsih, Sukirno, Umi. 2018 “Analisis Psikologi Sastra Tokoh Utama Novel Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di SMA.” Jurnal Surya Bahtera. Vol 6, No. 52 hlm 1-8. Universitas Muhammadiyah Purworejo. Diakses pada 9 Juli 2019 pukul

00 WIB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.