PENGARUH MEDIA TAYANGAN INDONESIA LAWYERS CLUB (ILC) DALAM PEMBELAJARAN DEBAT PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PURING
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pengaruh media tayangan ILC terhadap aktivitas belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Puring dalam pembelajaran debat, (2) pengaruh media tayangan ILC terhadap kemampuan debat pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Puring, (3) perbandingan kemampuan siswa kelas X SMK Negeri 1 Puring dalam pembelajaran debat yang diajar menggunakan media tayangan ILC dengan siswa yang diajar menggunakan media berbasis cetakan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah kelas X TKR 1 sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 36 siswa dan kelas X TKR 3 sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 36 siswa. Data penelitian ini diperoleh melalui tes dan nontes.Berdasarkan hasil kuesioner, dapat diketahui bahwa aktivitas belajar siswa mengalami perubahan ke arah yang lebih baik setelah mendapat perlakuan menggunakan media tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC). Hal tersebut dapat diketahui dari peningkatan persentase pada aspek memperhatikan pembelajaran sebesar 2.55%, bertanya dan menanggapi dalam proses pembelajaran sebesar 5.28%, mengerjakan tugas 4.86%, dan sikap dalam pembelajaran sebesar 4.89%.Selain itu, hasil uji hipotesis dengan uji t dua pihak pada signifikansi α = 0.05 diperoleh nilai thitung (8.995) > ttabel (1.689). Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa adanya pengaruh media tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC) pada kelas eksperimen. Pengaruh tersebut ialah kemampuan berbicara siswa meningkat ke arah yang lebih baik.Kemudian, perhitungan uji statistik dengan Independet Samples Test diperoleh hasil thitung (3.048) > ttabel (1.689) sehingga thitung berada pada daerah penolakan Ho. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kemampuan debat yang diajar dengan media tayangan Indonesia Lawyers Club (ILC) lebih baik daripada yang diajar menggunakan media berbasis cetakan.
Kata Kunci: media tayangan, Indonesia Lawyers Club (ILC), pembelajaran debat.
Full Text:
PDFReferences
Fauziah, Nurul.,Khabib Sholeh, dan Joko Purwanto. 2017. “Pengaruh Penerapan Media Film Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Klirong”. Jurnal Surya Bahtera Vol 5, No 47.
Irma, Cintya Nurika dan Bagiya. 2013. “Peningkatan Kemampuan Berbicara Berbasis Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Purworejo”. Jurnal Surya Bahtera Vol.1 No. 07.
Prabandari, Catur. 2015. “Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Kompetensi Dasar Teknologi Transportasi Menggunakan Metode Pembelajaran PAIRED STORYTELLING dengan Media Audio Visual Siswa Kelas VIII-C SLB Negeri Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013”.JRR Tahun 24 No.1.
Septiyani, Sundari. 2017. “Pengaruh Media BIG BOOK terhadap Kemampuan Berbicara pada Anak Usia Dini. Jurnal Potensia. Vol. 2 No. 1.
Sholeh, Khabib dan Dita Anggun Meirani. 2017. “Nilai Pendidikan Akhlak Film Rumah Tanpa Jendela Karya Aditya Gumayndan Penerapannya dalam Pembelajaran Interpretasi Makna Teks Ulasan Drama/Film di Kelas XI SMA/SMK”. Universitas Muhammadiyah Purworejo.
Suyoto. 2011. “Peningkatan Keterampilan Berbicara MelaluiTeknik Debat pada Siswa Kelas XI Ibu Kartini Semarang Tahun Ajaran 2010/2011”. IKIP PGRI Semarang.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.