NILAI PENDIDIKAN AKHLAK NOVEL HUMAIRA & ALFARISI KARYA NURUL KHAIRA SABILA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA

Amanah Pangestuti

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik, (2) unsur kebahasaan, (3) nilai pendidikan akhlak, pada novel Humaira & Alfarisi karya Nurul Khaira Sabila, dan (4) rencana pelaksanaan pembelajarannya dengan metode Kooperatif Tipe Group Investigation di SMA. Jenis penelitian: deskriptif kualitatif. Sumber data: novel Humaira & Alfarisi karya Nurul Khaira Sabila, objek penelitian: nilai pendidikan akhlak, fokus penelitian: unsur intrinsik, unsur kebahasaan, nilai pendidikan akhlak, rencana pelaksanaan pembelajaran dengan metode kooperatif tipe group investigation, teknik pengumpulan data: teknik pustaka, teknik analisis data: teknik analisis isi, teknik penyajian hasil analisis data: teknik informal. Dari hasil penelitian disimpulkan: (1) unsur intrinsik meliputi: (a) tema mayor: keteguhan hati manusia dalam menjalani kehidupan, (b) tokoh utama: Syila dan Arfan, tokoh tambahan: Ica, Riska, Rifki, Zauhid, Diana, Bi Yuni, Pak Farhan, Arjuna, Rania, Rena, Rasyid, dan Farid, (c) latar tempat: rumah Syila, pemakaman, masjid, apartemen, bandara, rumah sakit Abdul Hanif, latar waktu: malam, sore, dua bulan, latar sosial: profesi dokter yang memiliki kehidupan sosial di rumah sakit, profesi pengusaha yang memiliki kehidupan sosial di perusahaan, (d) alur: gabungan, tertutup, longgar, ganda, (e) sudut pandang: persona ketiga, (f) amanat: sertakan Allah dalam setiap langkah kehidupan; (2.) unsur kebahasaan: majas (simile, metafora, personifikasi), ungkapan, pribahasa; (3) nilai pendidikan akhlak meliputi: (a) akhlak terhadap Allah Swt.: takwa, cinta dan ridha, ikhlas, syukur, muraqabah, (b) akhlak terhadap Rasulullah saw.: mencintai rasul, mengikuti Rasul, (c) akhlak pribadi: shidiq, amanah, istiqomah, iffah, syaja’ah, sabar, pemaaf, (d) akhlak dalam keluarga: birrul walidain, kewajiban suami istri, kasih sayang orang tua (e) akhlak bermasyarakat: bertamu dan menerima tamu, hubungan baik dengan masyarakat, pergaulan muda-mudi, ukhuwah islamiyah; (4) rencana pelaksanaan pembelajaran pada siswa SMA kelas XII berdasarkan K.D 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel. Metode yang digunakan adalah Kooperatif Tipe Group Investigation dengan langkah pembelajaran: pendidik membagi kelompok masing-masing 5 anggota, peserta didik memilih materi yang akan dipecahkan, tiap kelompok melakukan penyelidikan yang mendalam atas topik yang dipilih, selajutnya seluruh kelompok menyiapkan dan bergantian mempresentasikan hasil dikusinya kepada kelompok lain.

Kata kunci: nilai pendidikan akhlak, novel Humaira & Alfarisi, metode kooperatif group investigation.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsismi. 2013. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ilyas, Yunahar. 2015. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Sabila, Nurul Khaira. 2018. Humaira dan Alfarisi. Jakarta: Wahyu Qolbu.

Fatkhurrohman, Eko Putra., Sukirno, dan Faizah, Umi. 2018. “Nilai Pendidikan Akhlak Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburrahman El Shirazy dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di Kelas XII SMA”. Surya Bahtera Vol. 6, No. 52. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Khikam, M. K., Sukirno, dan Bagiya. 2015. “Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Novel Amelia Karya Tere Liye dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Surya Bahtera. Vol. 3, No. 22. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Solihatun, Erna., Sukirno, dan Umi Faizah. 2018. “Analisis Nilai Pendidikan Akhlak Novel Reem Karya Sinta Yudisia dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dengan Metode Think-Pair Share(Tps) di Kelas XII SMK”. Surya Bahtera. Vol. 6, No. 55. Universitas Muhammadiyah Purworejo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.