Tindak Tutur Ekspresif Tokoh Utama dalam Film Lima Penjuru Masjid Sutradara Humar Hadi dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA

Ummi Khasanah, Bagiya Bagiya, Nurul Setyorini

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) bentuk tindak tutur ekspresif yang digunakan tokoh utama dalam film Lima Penjuru Masjid sutradara Humar Hadi, (2) fungsi tindak tutur ekspresif yang digunakan tokoh utama dalam film Lima Penjuru Masjid sutradara Humar Hadi, dan (3) skenario pembelajaran keterampilan mendengarkan dengan media film Lima Penjuru Masjid sutradara Humar Hadi pada siswa kelas XI SMA. Sumber data penelitian ini berupa percakapan yang termasuk tuturan ekspresif dalam film Lima Penjuru Masjid, sedangkan objek dalam penelitian ini berupa tindak tutur ekspresif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Dalam teknik analisis data digunakan metode padan dengan teknik daya pilah pragmatis. Dalam penyajian hasil analisis digunakan teknik penyajian informal. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) bentuk tindak tutur ekspresif yang digunakan tokoh utama dalam film Lima Penjuru Masjid sutradara Humar Hadi adalah tindak tutur ekspresif meminta maaf, tindak tutur ekspresif memuji, tindak tutur ekspresif mengucapkan terima kasih, tindak tutur ekspresif mengeluh, dan tindak tutur ekspresif menyalahkan; (2) fungsi tindak tutur ekspresif tokoh utama yang ditemukan dalam film Lima Penjuru Masjid sutradara Humar Hadi, meliputi fungsi tuturan ekspresif meminta maaf atas kesalahan yang telah diperbuat, tuturan ekspresif memuji untuk memberi apresiasi yang sifatnya positif atas hal yang dianggap baik, tuturan ekspresif mengucapkan terima kasih karena telah menerima bantuan, tuturan ekspresif mengeluh untuk menyatakan susah karena penderitaan dan kekecewaan, serta tindak tutur ekspresif menyalahkan seseorang; dan (3) skenario pembelajaran tindak tutur ekspresif dalam Lima Penjuru Masjid disesuaikan dengan materi dalam keterampilan mendengarkan/menyimak kurikulum 2013 yang terdapat pada KD 3.19 menganalisis isi dan kebahasaan film/drama yang dibaca atau ditonton. Materi pembelajaran dalam penelitian ini meliputi pengertian drama, jenis-jenis drama, struktur drama, unsur-unsur drama, dan ciri-ciri kebahasaan drama. Pembelajaran dilakukan dengan metode Problem Based Learning.

 

Kata kunci: tindak tutur ekspresif, film, skenario pembelajaran.

 


Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Tri, Bagiya, Umi Faizah. 2019. “Analisis Tindak Tutur Direktif pada Film Surat Cinta untuk Kartini Sutradara Azhar Kinoi Lubis dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 07 No. 2, halaman: 177-185.

Asih. 2016. Strategi apaembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Damayanti, Dewi, Bagiya, Kadaryati. 2018. “Analisis Tindak Tutur Ekspresif dan Deklaratif dalam Film Cahaya Cinta Pesantren Sutradara Raymond Handaya dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 6 No. 50, halaman: 9-15.

Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Irma, Cintya Nurika. 2017. “Tindak Tutur dan Fungsi Tuturan Ekspresif dalam Acara Rumah Perubahan Rhenald Kasali”. Jurnal SAP, Vol. 1 No. 3, halaman 238-248.

Janah, Dewi N.N., Moh. Fakhrudin, Suci Riskiana. 2017. “Analisis Tindak Tutur Direktif pada Iklan Pencerah Wajah Fair and Lovely Edisi 2012-2016 di Televisi Swasta dan Relevansinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Sarana Komunikasi di Kelas XII SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 05 No. 44, halaman: 33-39.

Moleong, Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Pangesti, Azizah Diah, Bagiya, Umi Faizah. 2019. “Analisis Tindak Tutur Direktif dan Ekspresif pada Film My Idiot Brother Karya Azhar Alyandra dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 07 No. 2, halaman: 82-89.

Prastowo. 2016. Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspeftif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rachmawati, Desty, Bagiya, dan Faizah. 2019. “Analisis Tindak Tutur Direktif dalam Naskah Drama Nyonya-Nyonya Karya Wisran Hadi dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 7 No. 2, halaman: 102-110.

Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: CV IKIP Semarang Press

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

¬¬¬Sukirno. 2016. Belajar Cepat Menulis Kreatif Berbasis Kuantum. Purworejo: Pustaka Belajar.

Wahyuni, Indah Tri, Sukirno, Nurul Setyorini. 2018. “Tindak Tutur Lokusi pada Dialog Film Habibie dan Ainun Sutradara Faozan Rizal dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dengan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas XI SMA”. Jurnal Surya Bahtera, Vol. 6 No. 54, halaman: 617-625.

Yani, Rindu Rima, Farida Ariyani, Nurlaksana Eko R. 2020. “Pengembangan Skenario Pembelajaran Teks Narasi dengan Model Discovery Learning untuk Siswa SMP Kelas VII”. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), halaman 1-9. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.