PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS XI SMK PURNAMA 2 GOMBONG TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsi: (1) penerapan pembelajaran menulis narasi dengan media gambar berseri pada siswa kelas XI B SMK Purnama 2 Gombong, (2) pengaruh pembelajaran menulis narasi dengan media gambar berseri pada siswa kelas XI B SMK Purnama 2 Gombong, dan (3) peningkatan keterampilan menulis narasi dengan media gambar berseri dalam aspek isi artikel, organisasi artikel, bahasa artikel, dan mekanik tulisan pada siswa kelas XI SMK Purnama 2 Gombong tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis narasi. Dalam teknik analisis data, penulis menggunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Teknik penyajian hasil data yang digunakan adalah analisis informal. Berdasarkan hasil analisis data, dihasilkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran menulis narasi dengan media gambar berseri, siswa; (a) mengamati gambar berseri yang telah dibagikan; (b) menuliskan pokok-pokok yang penting dalam gambar berseri menjadi narasi yang singkat, jelas dan padat. (c) menulis narasi sesuai dengan media gambar berseri (d) mempresentasi hasil pengamatan gambar berseri (2) Pengaruh media gambar berseri terhadap sikap dan motivasi siswa memberikan pengaruh positif. Terbukti dari presentase pembelajaran dan pada prasiklus (73,33%), pada siklus I (86,67%) dan siklus II (96,67%). (3) Peningkatan keterampilan menulis narasi dengan media gambar berseri terlihat dari meningkatnya jumlah nilai rerata kelas. Pada pra siklus rata-rata kelas ialah sebesar 65,61, siklus I sebesar 76,30, siklus II sebesar 79,76.
Kata Kunci: menulis narasi, media gambar berseri.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.